6 Manfaat Crown Gigi Yang Wajib Kalian Ketahui

Sudah tahu manfaat crown gigi? Atau belum tahu apa itu crown?

Pemasangan mahkota gigi atau crown merupakan salah satu perawatan untuk memperbaiki gigi yang rusak.

Meliputi penutupan gigi yang rusak dengan mahkota gigi tiruan, yaitu sarung gigi yang diletakkan di atas gigi asli untuk memulihkan keindahan gigi.

Berikut ini manfaat gigi :

Memperindah Tampilan Gigi

6 Manfaat Crown Gigi Yang Wajib Kalian Ketahui
Tampilan Gigi Terlihat Cantik

Salah satu masalah yang paling umum yang menyebabkan gigi tidak sedap dipandang adalah rusaknya email gigi asli, sehingga membuat gigi lebih lunak dan rentan.

Masalah umum lainnya termasuk perubahan warna, cacat gigi, jarak yang tidak wajar antar gigi. Semua masalah tersebut dapat diselesaikan dengan pemasangan crown gigi.

Menggantikan Tambalan Gigi 

Tambalan gigi biasanya digunakan untuk menutup lubang kecil di gigi yang disebabkan pembusukan atau kerusakan. Bila sekitar 50% gigi telah rusak, dokter gigi biasanya mengganti tambalan yang luas dengan mahkota tiruan untuk memberikan perlindungan yang cukup.

Baca juga : Inilah Bahaya Apabila Karang Gigi Tidak Dibersihkan – Drg. Permata Dydha

Gigi Terawat

Salah satu perawatan gigi berlubang ini bisa dengan melakukan perawatan mahkota atau crown gigi. Manfaat crown gigi dapat mengurangi kerusakan pada gigi anda jika berlubang maupun patah.

Selain itu perawatan gigi menggunakan mahkota atau crown gigi menjadi salah satu cara pencegahan agar gigi anda tidak rusak semakin parah.

Mengganti Gigi yang Hilang 

Salah satu manfaat crown gigi yang penting yaitu ia dapat menggantikan mahkota yang hilang.

Pemasangan mahkota gigi digunakan secara luas dengan gabungan implan gigi, yaitu akar gigi palsu yang dibuat dari bahan titanium yang aman bagi tubuh. Dalam tindakan ini, mahkota tiruan digunakan untuk mengganti gigi yang hilang.

 Mengurangi Rasa Ngilu pada Gigi

6 Manfaat Crown Gigi Yang Wajib Kalian Ketahui
Rasa Ngilu Pada Gigi

Dalam hal ini, nyeri pada gigi lebih sering dirasakan jika gigi anda berlubang. Gigi berlubang menyebabkan struktur akar pada gigi tidak kuat sehingga saraf yang ada di gigi meradang dan menyebabkan ngilu.

Nah, pemasangan mahkota atau crown gigi dalam hal ini dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi tersebut.

Nyaman Saat Makan dan Minum

Manfaat crown gigi lainnya yaitu kamu bisa lebih nyaman saat makan dan minum, karena gigi tidak rusak lagi.

Perasaan tidak nyaman pada saat makan dan minum biasa dirasakan saat kondisi gigi  berlubang maupun patah. Dengan perawatan menggunakan mahkota gigi atau crown gigi, bisa jadi salah satu cara anda agar lebih nyaman saat makan dan minum.

Baca Juga : Yuk Bersihkan Karang Gigi 6 bulan Sekali !! – Drg. Cindy Lestari

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *