9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning

Siapa yang tidak ingin giginya putih berkilau? Seiring semaraknya publik figur ataupun selebgram yang memamerkan senyuman indah dengan gigi putih berkilau, semakin banyak pula orang yang ingin memiliki senyuman seperti itu.

Namun sayang, banyak orang yang memiliki gigi kuning. Sebenarnya apasih yang menyebabkan gigi kuning?

Ternyata warna alami pada lapisan gigi memang tidak putih seperti kertas, Warna alami gigi seharusnya kekuningan. Namun, warna kuning pada gigi dapat lebih menonjol dikarenakan beberapa hal seperti dibawah ini :

1. Bertambah Usia

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Diusia Lanjut Gigi Akan Kuning


Gigi bisa menguning seiring dengan bertambahnya usia sebagai bagian alami dari proses penuaan. Hal ini terjadi karena lapisan pelindung putih yang kuat pada gigi, atau dikenal sebagai enamel, memudar seiring berjalannya waktu karena pemakaian sehari-hari.

2. Kebiasaan Merokok

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Stop Merokok Jika Tak Ingin Gigi Kuning


Sudah menjadi rahasia umum jika merokok menjadi salah satu penyebab gigi kuning. Hal ini karena kandungan nikotin pada rokok yang dapat menyebabkan gigi menguning.

3. Cara Menyikat Gigi Yang Salah

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Menyikat Gigi Yang Salah Bisa Menyebabkan Gigi Kuning


Sebagian besar dari kita memang sudah menyikat gigi 2 kali sehari, pagi hari dan sebelum tidur. Namun apakah cara menyikat gigi Anda sudah benar?

Hal ini juga bisa menjadi penyebab gigi kuning, karena sisa makanan yang tidak bersih sempurna. Karenanya, mulailah menyikat gigi dengan benar dengan durasi sekitar 2 menit.

4. Mengonsumsi Kopi atau Teh

Kopi atau Teh Juga Bisa Menyebabkan Gigi Kuningloh


Anda suka minum kopi atau teh? Saya juga suka sih sebenarnya. Kedua minuman ini juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Ternyata itulah ada baiknya kurangi konsumsi kopi atau teh Anda dan jangan lupa untuk menyikat gigi setelahnya.

5. Jarang Membersihkan Gigi

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Hal Utama Penyebab Gigi Kuning Adalah Malas Menjaga Kesehatan Gigi


Saat ini sudah banyak cara membersihkan rongga mulut dan gigi agar terjaga kebersihan dan kesehatannya. Sayangnya masih banyak orang yang kurang disiplin melakukannya, ini juga menjadi penyebab gigi kuning.

Jika Anda ingin memiliki gigi yang putih bersih, usahakan selalu menyikat gigi dengan benar 2 kali sehari. Anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.

6. Alkohol

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Alkohol


Minuman yang mengandung alkohol tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, namun juga untuk kebersihan gigi. Oleh sebab itu, hentikan konsumsi minuman beralkohol dan mulai membersihkan gigi secara teratur untuk mendapatkan gigi putih bersih yang Anda inginkan.

7. Sering Makan Buah Asam

Buah Berasa Asam


Jeruk, tomat, nanas, beri, lemon, atau buah asam lainnya yang sering disajikan menjadi jus. Buah-buah tersebut kaya akan vitamin, namun bila dikonsumsi terlalu sering juga bisa mengubah warna gigi.

Oleh karena itu, untuk mencegah gigi kuning, Anda harus menyeimbangkan kebutuhan air setelah mengonsumsi buah tersebut.

8. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Jangan Pakai Obat Kumur Secara Berlebihan


Banyak obat kumur yang dijual di toko memiliki kadar asam yang tinggi. Jika terlalu sering digunakan akan membuat mulut menjadi kering dan akhirnya merusak email gigi.

Saat mulut kering terjadi, air liur tidak bekerja secara maksimal untuk membantu menjaga kelembapan mulut, mengurangi tingkat keasaman, melumpuhkan bakteri jahat, dan mencegah noda menempel pada enamel.

9. Terlalu Keras dan Cepat Menggosok Gigi

9 Hal yang Menyebabkan Gigi Menjadi Kuning
Tekhnik yang Salah Saat Menyikat Gigi


Membersihkan gigi tidak hanya rutin saja, tetapi teknik membersihkannya juga harus benar. Bila Anda menggosoknya dengan keras dan terlalu sering, itu bisa memberikan tekanan, merusak lapisan enamel yang tipis, dan mengekspos lapisan dentin, sehingga gigi menjadi kuning.

Sebaiknya perhatikan cara menyikat gigi Anda; perlahan dan tidak menggosoknya dengan keras. Bersihkan gigi dengan rutin, yaitu dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

Agar hasilnya lebih memuaskan, bersihkan gigi dengan benang gigi untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi.


Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :

Apakah Pola Makan Mempengaruhi Kesehatan Gigi? – Drg. Monika Werdiningsih


Sumber Referensi :

  • Phillips’ science of dental materials. 11st ed. Saunders; 2003. p. 9–17. 2.
  • Matis BA. Tray whitening: What the evidence shows. Compendium of Continuing Education in Dentistry 2003; 24(4A): 354–62. 3.
  • Matis BA. The question-at-home or in-office bleaching: Evidence based concepts to empower dental professionals. Available at: [email protected]. Accesed August 27, 2004. 4.
  • Hatrick CD, Eakle WS, Bird WF. Dental materials: Clinical applications for dental assistants and dental hygienists. Philadelphia: Saunders; 2003. p. 101–6. 5.
  • Dental bleaching. Available at: http://www.doctorspiller. com/bleaching.htm. Accessed January 19, 2005.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *