Anak Takut ke Dokter Gigi? Mungkin Ini Penyebabnya

Anak takut ke dokter gigi – Dokter gigi merupakan satu dari beberapa hal yang sering dimasukkan anak-anak ke dalam list hal-hal yang menakutkan. Meskipun sebagian dari mereka belum pernah mengunjungi dokter gigi sekalipun, mereka tetap merasa takut.

Sebenarnya apa yang menyebabkan anak-anak menjadi takut untuk mengunjungi dokter di klinik gigi?

Seperti yang dikutip dari haibunda.com, drg Henny Octaviana Danan, SpKGA menyatakan bahwa sebenarnya anak-anak itu tidak takut untuk pergi ke dokter atau klinik gigi.

Penyebab Anak Takut ke Dokter Gigi

Namun ada faktor lingkungan yang memengaruhi persepsi atau cara pandang mereka terhadap dokter gigi, yang belum mereka temui sekalipun.

Tanpa disadari orang tua lah yang menjadi penyebab utama munculnya ketakutan-ketakutan dalam diri anak, misalnya takut akan pergi ke klinik gigi ini.

Beberapa kali bahkan sering kali kita mendengar orang tua yang suka menakuti-nakuti anaknya pada jarum suntik. Misalnya saja dengan berkata seperti ini kepada anaknya, Enggak boleh nakal yah dek, nanti kalau nakal disuntik lho sma dokter!.

Kata-kata itulah yang akan terekam ke dalam ingatan anak-anak, sehingga lama-kelamaan akan memengaruhi cara pandang dan perilaku mereka. Jadi tidak heran lagi jika banyak anak kecil yang takut pada dokter ataupun dokter gigi.

Anak Takut ke Dokter Gigi? Lakukan Ini untuk Mengatasinya
Qahtan Halilintar Ketika Perawatan di FDC. Foto: FDC Dental Clinic

Masih ingat dengan teori John Locke, Tabula Rasa? Locke yang menyatakan bahwa manusia itu seperti tabula rasa, seperti kertas kosong yang tak ada tulisan apapun. Karena pada saat lahir manusia tidak membawa pengetahuan atau kemampuan apapun.

Begitulah kiranya seorang anak kecil. Jika orang tua menuliskan padanya untuk menakuti dokter, maka anak pun akan menjadi takut.

Selain itu, drg Henny Octaviana Danan, SpKGA juga menambahkan, “Diancam kalau nakal bakal dibawa ke dokter gigi, itu sangat menyusahkan kita dokter gigi.

terus kalau gigi anak mau dicabut, coba deh penyampaiannya diubah. Gigi anak perlu dicabut supaya nggak sakit. Jadi jangan ditakut-takutin.”

Cara Mengatasi Anak Takut ke Dokter Gigi

Sebaiknya orang tua sudah bisa membiasakan anak untuk pergi mengunjungi klinik gigi sejak mereka masih batita. Agar mereka bisa membentuk kebiasaan baik itu dari sejak kecl, sehingga saat dewasa nanti tak ada lagi yang perlu mereka takuti dari klinik gigi.

Anak Takut ke Dokter Gigi? Lakukan Ini untuk Mengatasinya
Keluarga Halilintar Ketika Perawatan di FDC. Foto: FDC Dental Clinic

Bukan hanya orang tua, peran orang-orang terdekat juga sangat penting. Seperti kakek-nenek, kakak, saudara, teman dan orang terdekat lainnya.

Jadi, mulai sekarang hindari pengunaan kata-kata yang membuat adik kecil atau anak kecil disekelilingmu menjadi takut pergi ke dokter gigi ya! Karena mereka juga butuh dokter untuk merawat kesehatan gigi mereka.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.
Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *