Apa Itu Crown dan Bridges? Apakah Sama Dengan Gigi Palsu?

Crown dan Bridge adalah jenis gigi palsu pemanen. Tidak seperti gigi tiruan atau palsu lepas-pasang. Crown dan Bridges tidak dapat dilepas pasang. Crown dan Bridges menyatu dengan gigi yang sudah ada, dan hanya dapat dilepas oleh dokter gigi.

Bagaimana Crown Bekerja?

Crown yang merupakan gigi palsu permanen, digunakan untuk menutupi gigi yang rusak. Selain untuk memperkuat gigi yang rusak, crown juga dapat digunakan memperbaiki bentuk dan penampilan.

Crown juga bisa diletakkan di atas implant. Agar implant tersebut bentuknya jadi seperti gigi. Fungsinya pun bisa seperti gigi aslinya.

Pada umumnya dokter gigi menyarankan Crown pada pasien, untuk:

  • Mengisi tempat kosong karena gigi yang rusak
  • Melindungi gigi yang rentan dari patah
  • Mengembalikan gigi yang retak
  • Menutupi implant gigi
  • Menutupi gigi yang berubah warna atau bentuknya kurang bagus.
  • Menutupi gigi yang sudah melakukan perawatan saluran akar (PSA)
Apa Itu Crown dan Bridges? Apakah Sama Dengan Gigi Palsu?
Bridges

Bagaimana Bridges Bekerja?

Bridges adalah jembatan gigi. Bridges digunakan jika gigi yang hilang lebih dari satu. Jika gigi yang hilang tidak segera diisi, maka kekosongan ruang pada gigi bisa mengganggu fungsi pengunyahan. Sehingga gigi palsu seperti Bridges ini sangat dibutuhkan.

Jembatan gigi ini biasanya akan menutupi ruang yang kosong karena gigi yang hilang. Biasanya Jembatan gigi berada di tengah-tengah crown. Sementara crown ada di kedua ujung Bridges. Dengan kata lain, Bridges merupakan gigi palsu yang menjembatani dua crown—yang menutupi implant gigi.

Bagaimana Crown dan Bridges dibuat?

Sebelum pembuatannya, gigi kamu akan dikikis terlebih dahulu. Hal itu berguna agar ukuran gigi menjadi lebih kecil, dan sesuai dengan crown dan bridges-nya. Setelah itu dokter gigi akan mencetak gigimu.

Berdasarkan cetakan gigi itulah dokter akan membuat crown dan bridges mu di lab. Sebelum pemasangan crown dan bridges permanent, biasanya akan dipasang yang sementara terlebih dahulu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan? Kalau Crown dan Bridges termasuk dalan jenis gigi palsu permanent. Sehingga berbeda dari gigi palsu yang lepas-pasang.

Jangan lupa konsultasi pemasangan gigi palsu di FDC Dental Clinic!!! karena….. kamu bisa dapat konsultasi gratis! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Untuk Gosok Gigi Saat Puasa

Baca Juga: Beginilah Proses Memutihkan Gigi Dengan Bleaching

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *