Apa Itu Gingivitis? Berbahayakah Bagi Kesehatan Gigi ?

Gingivitis seringkali tidak bisa dideteksi kedatangannya, hanya dokter gigi lah yang paham akan kondisi ini. Karang pada gigi yang sudah mengeras merupakan penyebab utama dari gingivitis.

Gingivitis merupakan peradangan pada gusi. Penyakit gingivitis bila tidak segera ditangani akan mengakibatkan penyakit gusi yang lebih serius.

Oleh sebab itu kamu wajib untuk melakukan perawatan scaling setiap 6 bulan untuk mencegah gingivitis.

Jangan pernah takut untuk datang ke klinik gigi, karena kesehatan gigi itu sangatlah penting. Berkonsultasilah dengan dokter gigi jika kamu memiliki masalah dengan keadaan gigi kamu.

Selain perawatan scaling yang bisa kamu lakukan setiap 6 bulan sekali di klinik gigi. Kamu juga harus dan wajib untuk menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi setiap hari.

Menggosok gigi sangatlah membantu kamu untuk mengangkat sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi.

Apa Itu Gingivitis?

Gingivitis adalah peradangan pada gusi, penyakit ini disebabkan oleh karang gigi yang menumpuk pada gigi. Sisa makanan yang masih terselip disela gigi akan menyebabkan plak pada gigi. Plak pada gigi yang lama tidak dibersihkan lama kelamaan akan mengeras dan menjadi karang gigi.

Karang gigi yang menumpuk akan menjadi gingivitis, jika tidak diobati akan menyebabkan periodontitis.

Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini perlu segera diobati karena dapat menyebabkan gigi tanggal.

Gejala Awal Gingivitis

Apa Itu Gingivitis? Berbahayakah Bagi Kesehatan Gigi ?

Penyakit yang bersumber dari karang gigi ini memiliki gejala awal yaitu, gusi memerah. Kamu bisa mendeteksi gejala awal dari gingivitis adalah dengan melihat keadaan gusi kamu.

Baca juga: Penyebab gigi kuning

Keadaan gusi yang terindikasi gingivitis adalah, gusi memerah, gusi melunak, gusi menjadi mudah berdarah, dan juga gusi bengkak.

Gigi yang menjadi lebih sensitive juga bisa menjadi indikasi kamu mengalami penyakit gingivitis. Oleh sebab itu sangatlah diperlukan kontrol rutin oleh dokter gigi.

Jika kamu mengalami gejala diawali pada gusi kamu dan gigi menjadi lebih sensitive. Kamu harus segera hubungi dokter gigi untuk mendapatkan pertolongan pertama, sebelum terjadi penyakit gusi yang lebih serius.

Penyebab Gingivitis

Penyebab utama dari penyakit ini adalah penumpukkan plak pada gigi. Plak sendiri merupakan lapisan lengket bakteri yang terbentuk dari endapan sisa-sisa makanan di permukaan gigi kamu.

Plak yang dibiarkan terus-terusan menumpuk dalam jangka waktu lama akan mengeras membentuk karang gigi di bawah garis gusi. Nah, karang gigi inilah yang memicu peradangan pada gusi.

Gusi kamu akan bengkak dan mudah berdarah. Karies gigi pun bisa saja terjadi. Jika tidak segera diobati, radang gusi dapat berkembang menjadi periodontitis yang menyebabkan gigi kamu tanggal atau copot.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *