Gigi berlubang masih menjadi masalah gigi dan mulut di Indonesia sehingga ini menjadi hal yang penting untuk di cegah. Beberapa orang bahkan mencari beragam cara untuk mencegahnya mulai dari rajin menggosok gigi, makan buah-buahan dan melakukan perawatan fluoridasi. Kira-kira apa ya yang dimaksud dengan fluoridasi?

Fluoridasi merupakan salah satu tindakan pencegahan dengan memberikan fluor pada permukaan gigi sehingga gigi lebih tahan terhadap gigi berlubang. Gigi berlubang (karies) akan terjadi bila ada ketidakseimbangan antara faktor pertahanan (protektif) dan faktor penyebab (patologik), yang akan menimbulkan gangguan demineralisasi – remineralisasi. Demineralisasi merupakan pelarutan struktur mineral gigi, sedangkan remineralisasi merupakan pembentukan struktur mineral gigi.

Baca Juga : Ini Tandanya Kamu Harus Segera Dapat Pertolongan dari Dokter Gigi – Drg. Rizki Kartika

Sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi akan terfermentasi oleh bakteri yang memproduksi asam. Asam yang timbul akan membuat PH air liur (saliva) rendah, sehingga demineralisasi lebih banyak terjadi dibandingkan remineralisasi, maka terbentuklah lubang pada gigi. pada perawatan fouridasi maka gigi akan membentuk lapisan yang lebih kuat terhadap asam, mekanisme yang terbentuk yaitu dengan meningkatkan remineralisasi dan kandungan fluor pada saat remineralisasi akan membentuk fluor apatit yang tahan terhadap asam.

Fluoridasi biasa dilakukan pada anak anak, namun sekarang fluoridasi dapat juga dilakukan pada gigi orang dewasa, beberapa produk bahan fluoridasi sudah mengeluarkan produk untuk gigi orang dewasa, aplikasi fluor dilakukan oleh dokter gigi dengan terlebih dahulu melakukan scaling untuk menghilangkan karang gigi dan sisa makanan, kemudian dokter akan mengoleskan pasta fluor pada seluruh permukaan gigi, dan dokter akan mengedukasi instrusi setelah fluoridasi. Dengan melakukan perawatan pencegahan berupa fluoridasi, maka gigi akan lebih kuar dan terlindung dari gigi berlubang.

Sumber Referensi:

  • Theobromine effects on enamel surface microhardness : in vitro. Grace Syafira, Rina Permatasari
  • Peran agen remineralisasi pada lesi karies dini. Yani Corvianindya

Postingan Terakhir

Tanya Harga Perawatan

Mau perawatan di FDC, tapi enggak pengin bikin dompet menangis?

Download Aplikasi FDC Dental Clinic