Bagaimana Perawatan Saluran Akar di Klinik Gigi?

Proses perawatan saluran akar – Hei FDCiers, apakah kamu sudah mengenal istilah PSA atau Perawatan Saluran Akar? Proses perawatan saluran akar ini bisa dilakukan di klinik gigi lho, FDCiers!

Yuk kita mengenal lebih jauh, apa itu PSA dan apa saja yang menyebabkan kita harus melakukan PSA ini!

PSA atau Perawatan Saluran Akar ini merupakan perawatan yang dilakukan di bagian dalam gigi. Perawatan tersebut dilakukan apabila pulpa membengkak atau terinfeksi sehingga gigi mengalami pembusukan.

Nah, pulpa itu sendiri adalah jaringan lunak yang berada di dalam rongga gigi yang berisi pembuluh, saraf, dan jaringan penyambung.

Apa saja sih yang akan dilakukan dokter di klinik gigi saat perawatan saluran akar?

Prosedur Perawatan Saluran Akar

Biasanya saat melakukan PSA, terlebih dahulu dokter akan mengeluarkan pulpa yang bengkak dan bagian dalam gigi kamu akan dibersihkan dengan disinfeksi, FDCiers!

Hal ini dilakukan untuk membersihkan bakteri yang membuat pulpa kamu membengkak dan gigimu mengalami pembusukan.

Perawatan Saluran Akar ini merupakan perawatan yang dilakukan di bagian dalam gigi.

Setelah dibersihkan, saluran akar kamu akan diisi dan disegel dengan bahan yang mirip karet, namanya gutta-percha, FDCiers.

Selanjutnya gigi akan dipulihkan dengan dipasangkan mahkota gigi atau tambalan untuk melindungi gigimu, agar bisa berfungsi kembali seperti semula.

Setelah proses pemulihan ini selesai, barulah kamu bisa menggunakan gigimu seperti biasanya.

Sebenarnya… apa saja sih hal yang menyebabkan kita harus melakukan perawatan saluran akar di klinik gigi?

Penyebab utamanya tentu saja karena pulpa yang membengkak. Pulpa bisa membengkak karena beberapa faktor, FDCiers! seperti lubang yang terlalu dalam.

Mahkota gigi yang mengalami kerusakan, tindakan yang dilakukan berulang dan berlebih pada gigi, dan retak pada gigi.

Selain itu, dengan melakukan Perawatan Saluran Akar ini, kita bisa menyelamatkan gigi yang lain dari kerusakan yang lebih parah, dan itu juga bisa menghindari dari pencabutan gigi.

Perawatan saluran akar ini juga dilakukan setelah kamu mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter di klinik gigi kesayanganmu ya, FDCiers!

Jangan lupa juga untuk konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena….. konsultasinya gratis lho! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Baca Juga : Inilah Klinik Gigi Impian Anak-Anak

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *