Bahaya dan Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Gigi

Merokok telah lama menjadi bagian kehidupan masyarakat, baik pada orang dewasa maupun pada remaja.

Rokok merupakan salah satu ancaman terbesar untuk kesehatan manusia, sudah begitu banyak penyakit dan kematian yang di sebabkan oleh rokok. Saat ini perokok berasal dari berbagai kelas social, status, serta kelompok umur yang berbeda bahkan oleh sebagian orang sudah menjadi kebutuhan hidup yang tak bisa di tinggalkan.

Mengkonsumsi rokok pada tahap awal tidak dirasakan efeknya, namun lama kelamaan akan muncul berbagai penyakit dalam tubuh perokok yang disebabkan oleh zat berbahaya yang terkandung didalamnya.

Bagian Tubuh Manusia yang Terkena Dampak Rokok

Salah satu bagian tubuh manusia yang terkena dampak dari rokok adalah gigi dan jaringan rongga mulut.

Baca Juga : Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Balita – Drg. Deby Febrina

Bahaya dan Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Gigi
Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Ternyata asap panas yang dihasilkan dari hisapan rokok dapat mempengaruhi aliran pembuluh darah pada gusi. Perubahan aliran darah mengakibatkan penurunan air ludah pada rongga mulut, ketika air ludah mengalami penurunan otomatis mengakibatkan keadaan mulut cenderung kering.

Seperti yang diketahui air ludah merupakan pelindung alami rongga mulut. Jika air ludah mengalami penurunan maka fungsi perlindungan rongga mulutpun akan berkurang maka bakteri akan berkembang biak dengan cepat dan menghasilkan asam yang melarutkan email gigi dan mengakibatkan lubang pada gigi serta timbulnya karang gigi.

Selain itu, jumlah karang gigi pada perokok cenderung lebih banyak dari pada yang bukan perokok. Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menimbulkan berbagai keluhan seperti pembengkakan dan pendarahan pada gusi.

Halitosis

Selain itu merokok juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut (halitosis). Bau mulut ini tidak dapat diatasi dengan menyikat gigi atau menggunakan obat kumur.

Bau mulut disebabkan oleh tar dan nikotin yang berasal dari rokok yang berakumulasi di gigi dan jaringan lunak mulut meliputi lidah, gusi dan jaringan sekitarnya.

Tidak hanya itu zat berbahaya yang terkandung dalam rokok serta  buruknya kebersihan mulut dan banyaknya penyakit gigi dan jaringan lunak pada seorang perokok bisa mengarah ke lesi prakanker maupun kanker rongga mulut.

Kanker rongga mulut sebagian besar dikarenakan mengkonsumsi tembakau, sedangkan resiko terkena keganasan dipengaruhi oleh banyaknya jumlah mengkonsumsi rokok dan lamanya terkena paparan rokok.

Bahaya dan Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Gigi
Kandungan Dalam Rokok

Dengan mengetahui bahaya dan dampak rokok pada kesehatan tubuh khususnya gigi dan mulut maka baiknya kita mengurangi, menghindari maupun mencegah dalam mengkonsumsi rokok, memotivasi untuk berhenti merokok, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur dan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut secara teratur setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :Kenali Lapisan Putih di Permukaan Lidahmu – Drg. Rizki Kartika

Sumber Referensi :

  • unissula.ac.id/index.php/majalah%20ilmiahsultanagung/article/viewFile/39/33
  • Alamsyah, M,  2009,  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok  dan Hubungannya Dengan Penyakit Periodontal.

Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *