Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Segera Ditangani

Bahaya dari gigi berlubang – Gigi berlubang ditandai dengan warna kehitaman pada bagian atas gigi, biasanya dibagian paling belakang.

Gigi bagian belakang biasanya tempat kita untuk menunyah makanan. Jika kamu malas untuk menyikat gigi secara rutin dan juga dengan cara yang benar maka akan membuat gigi kamu bolong.

Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan bisa membuat bakteri lebih cepat berkembang.

Menyikat gigi jika tidak dilakukan dengan benarpun akan menyebabkan gigi berlubang. Menyikat gigi yang asal-asalan hanya akan menyebabkan sisa makanan menyelip disela-sela gigi kamu.

Bahaya Gigi Berlubang

Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Segera Ditangani

Penyakit gusi

Gingivitis atau yang bisa juga disebut dengan penyakit gusi adalah masalah yang akan timbul jika gigi berlubang tidak segera ditangani.

Penyakit gingivitis juga disebabkan oleh adanya infeksi bakteri penyebab gigi berlubang.

Gingivitis dikenali dari sejumlah gejala khas, yakni adanya rasa nyeri sekaligus peradangan pada gusi, yang lantas menjalar ke seluruh area gusi.

Tak hanya itu, gusi yang mengalami gingivitis akan mengalami pembengkakan berwarna kemerahan, yang bisa berdarah saat terkena sikat gigi atau bahkan hanya disentuh.

Terjadinya abses

Hal ini adalah yang terjadi jika gigi berlubang tidak diobati sehingga infeksi menyebar ke jaringan lunak dari pulp, mulut, atau rahang.

Pembentukan abses atau kantong nanah, dapat dilihat di sekitar gusi atau gigi dan akan menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan.

Abses ini disebabkan karena adanya bakteri yang berkumpul di dalam mulut.

Gigi terbelah

Patah gigi adalah gejala yang umum terjadi ketika terjadi lubang gigi yang cukup besar.

Hal ini bisa disebabkan cara makan yang kurang baik. Seperti cara mengunyah yang menyebabkan sisa makanan terselip di gigi.

Ketika gigi sudah menunjukkan gejala pembusukan atau lubang, kita bisa meminimalisasi perkembangannya dengan mengurangi konsumsi gula, menyikat gigi rutin dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung flouride, serta melakukan flossing.

Merubah struktur rahang

Jika kamu mengalami gigi berlubang namun dibiarkan terlalu lama, hal ini akan menyebabkan infeksi semakin meluas.

Tidak hanya di bagian gigi, tetapi sampai ke bagian gusi. Bahkan bila tidak disembuhkan akan menyebabkan kerusakan di bagian tulang rahang.

Hal ini terjadi jika terdapat beberapa gigi yang ompong akibat pembusukan dari gigi berlubang, maka secara otomatis gigi akan bergeser dan mempengaruhi struktur gigi kamu dan tentunya akan berpengaruh pada struktur rahang juga.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *