Bahaya Gigi Ompong Serta Cara Mengatasinya

Tahukah kamu bahaya gigi ompong? Masalah gigi ompong mungkin masih banyak yang menganggapnya sepele.

Padahal ada bahaya yang dapat terjadi akibat gigi ompong. Gigi yang ompong jika tidak ditangani serius akan mengalami beberapa masalah loh.

Gigi termasuk bagian yang paling keras diantara organ tubuh lainnya, walaupun begitu gigi mudah sekali mengalami masalah jika tidak kamu rawat secara benar.

Merawat gigi merupakan sebuah keharusan yang wajib kamu lakukan, setidaknya kamu harus menggosok gigi setiap dua kali sehari. Selain itu kamu juga wajib periksa rutin ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan gigi. Periksa gigi rutin setiap 6 bulan sekali akan bisa mencegah penyakit gigi serta dapat mendeteksi penyakit gigi sejak dini.

Penyakit pada gigi jika tidak diatasi sejak dini akan menyebabkannya menjadi lebih parah lagi. Maka dari itu kamu harus rutin merawat kesehatan gigi setiap hari, dan yang gak kalah penting adalah periksa rutin setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Bahaya Gigi Ompong

Bahaya Gigi Ompong Serta Cara Mengatasinya
Gigi Ompong

Ada banyak sekali bahaya yang mengintai karena masalah gigi ompong. Berikut beberapa bahaya jika kamu mengalami gigi ompong:

Makan jadi tidak nikmat

Pasti masalah utama yang muncul ketika gigi ompong adalah, makan jadi tidak nikmat. Akibat gigi yang ompong akan menyebabkan, proses mengunyah jadi tidak baik lagi.

Akibatnya kamu tidak lagi bisa menikmati makanan yang kamu suka, ayam contohnya. Mungkin kamu hanya bisa memakan bubur atau makanan lembut lainnya.

Yang itu akan menyebebkan kamu bosan tentunya. Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah, jika gigi ompong pasti akan sulit untuk mengunyah. Ini akan menyebabkan kamu langsung menelan makanan yang kamu makan, tanpa mengunyahnya terlebih dahulu dengan halus.

Gangguan pencernaan

Akibat dari proses mengunyah yang tidak sempurna akan mengakibatkan makanan langsung ditelan. Ini akan menyebabkan proses pencernaan akan menjadi berat, yang menyebabkan kamu susah BAB, dan masalah pencernaan lainnya. Jadi hati hati ya, jika kamu memiliki gigi ompong segeralah berkonsultasi ke dokter gigi.

Baca juga: Cara merawat gigi dengan baik

Susunan gigi dapat berubah

Jika disamping ada gigi yang ompong, ada gigi yang tumbuh maka akan tumbuh dengar tidak sempurna posisinya. Gigi akan menjadi renggang karena menempati area gigi yang ompong. Akibatnya gigi menjadi tidak rapi, karena renggang dan miring. Ini akan membuat penampilan kamu tidak menarik pastinya.

Mengubah bentuk wajah

Bukan berarti bisa membuat kamu semakin cantic atau ganteng ya, ini akan mengubah struktur wajah kamu. Wajah kamu akan terlihat lebih tua dari umur kamu sekarang loh, gak mau kan memiliki wajah yang lebih tua dari umur?

Kamu wajib banget deh merawat kesehatan gigi setiap hari tidak boleh tidak.

Kebersihan gigi terganggu

Penyebab utama masalah pada gigi adalah karena kebersihan gigi yang tidak dijaga. Kebersihan gigi akan semakin parah jika kamu mengalami penyakit gigi, salah satunya gigi ompong.

Gigi ompong bisa menyebabkan susunan gigi rapi, ini bisa menimbulkan tumbuhnya plak pada gigi kamu. plak bila lama tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan karang gigi.

Itulah bahaya jika kamu mengalami gigi ompong dan tidak segera ditangani dengan baik. Merawat kesehatan gigi itu penting, gigi yang sehat akan membuat anggota tubuh yang lain menjadi sehat.

Mengatasi Gigi Ompong

Bahaya-Gigi-Ompong-Serta-Cara-Mengatasinya
Mengatasi Gigi Ompong

Jika kamu memiliki gigi ompong, kamu bisa mengatasinya dengan cara dibawah ini:

1. Implant gigi

Implant gigi bisa menjadi alternative jika kamu merasa tidak nyaman dengan gigi ompong. Pemasangan implant gigi harus disesuaikan dengan bentuk mulut serta posisi gigi lainnya.

Keuntungan implant gigi adalah bisa bertahan selam bertahun-tahun serta mencegah rahang gigi mengecil. Namun tidak semua orang cocok menggunakan implant gigi, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum memasang implant.

2. Gigi palsu

Pemakaian gigi palsu untuk mengatasi gigi ompong masih sangat popular sampai saat ini, hal ini dikarenakan oleh harga dari gigi palsu yang relative lebih murah dari implant gigi.

Bahan dari gigi palsu adalah logam dan juga plastik, pemasangan gigi palsu hampir sama dengan implant. Yaitu disesuaikan terlebih dahulu supaya pas, dan tidak menyebabkan gangguan pada mulut.

3. Bridge

Cara mengatasi gigi ompong berikutnya adalah dengan memasang bridge. Bahan yang biasa digunakan adalah emas, logam campuran, porselen, dan campuran dari ketiga bahan lainnya. Bridge gigi bisa bertahan selama 15 tahun pemakaian, dengan perawatan yang baik dan sesuai anjuran dokter gigi.

Gimana udah pada tau belum bahaya dan cara mengatasi gigi ompong? Kalau masih mau bertanya tentang permasalahan pada gigi klik disini. Jangan sampai lupa jaga kesehatan gigi setiap hari, dengan cara menggosok gigi setiap 2 kali sehari serta rutin periksa gigi setiap enam bulan sekali.

Ikuti saran dari dokter gigi kamu, jika ingin kondisi gigi yang tetap sehat.Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *