Benarkah Karang Gigi Berbahaya Bagi Ibu Hamil?

Karang gigi berbahaya bagi ibu hamil – Setiap hari kita mengonsumsi berbagai jenis makanan yang berbeda. Bukan hanya makanan yang baik bagi tubuh.

Tapi banyak juga dari kita yang lebih suka mengonsumsi makanan yang meninggalkan jejak di antara sela-sela gigi. Jejak atau sisa makanan itulah yang kelak akan bertumbuh kembang menjadi karang gigi.

Seperti yang telah kita ketahui, karang pada gigi menyebabkan berbagai macam penyakit. Seperti penyakit gigi, gusi dan juga bau mulut. Semua bahaya tersebut bisa dialami siapa saja, tak terkecuali bagi ibu hamil.

Seperti yang dikutip dari antaranews.com, ketua PB Persatuan Dokter Gigi, Zaura Rini menyatakan, “Pada Ibu hamil karang gigi bisa sebabkan radang gusi, karena sistem imunitasnya yang menurun. Ini yang memicu bahaya-bahaya lain.”

Karang Gigi Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Radang gusi inilah yang bisa menyebabkan pendarahan pada gusi secara terus-menurus. Jika hal itu terjadi pada ibu hamil, maka mereka akan beresiko tinggi terserang anemia.

Radang gusi yang kemudian menjadi infeksi juga bisa berakibat kelahiran prematur ataupun keguguran. Hal ini menunjukkan bahwa karang gigi memang berbahaya bagi janin.

Benarkah Karang Gigi Berbahaya Bagi Ibu Hamil?
Sangatlah penting menjaga kesehatan gigi bagi ibu hamil. Foto: FDC Dental Clinic

Dokter Tengku Bahdar Johan juga menambahkan, radang gusi yang menjadi infeksi akan membuat sistem kekebalan tubuh berfokus pada area yang terinfeksi untuk kembali menjadi normal. Hingga membuat banyak sel darah putih mengalir ke bagian yang terinfeksi.

Sel darah putih tersebut akan bekerja untuk mengeluarkan zat bernama prostaglandin. Prostaglandin inilah yang bisa memicu kontraksi pada ibu hamil.

Jika hal itu terjadi pada ibu hamil semester pertama, maka akan menyebabkan keguguran. Sementara jika terjadi pada trisemester pertama, akan menyebabkan kelahiran prematur.

Oleh karena itu, sangatlah penting menjaga kesehatan gigi bagi ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil rajin mengonsultasikan kesehatan gigi mereka pada dokter gigi. Ada baiknya juga untuk melakukan pembersihan karang gigi di klinik gigi.

Bukan hanya ibu hamil saja yang harus meningkatkan rasa kepedulian terhadap kesehatan gigi. Setiap orang pun wajib menjaga kesehatan giginya masing-masing, agar bisa terbebas dari bahaya akibat menumpuknya karang gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.
Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *