Yuk Bersihkan Karang Gigi Setiap 6 bulan Sekali !!

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Memiliki gigi yang bersih, putih, dan sehat merupakan idaman semua orang.

Selain itu gigi harus terbebas dari karies atau gigi berlubang, gusi dan jaringan pendukung gigi didalam mulut juga harus dalam keadaan sehat. Salah satunya adalah rajin melakukan scaling minimal 6 bulan sekali.

Yuk Bersihkan Karang Gigi Setiap 6 bulan Sekali !!
Ciri Gusi Yang Sehat Berwarna Pink Coral

Gusi Sehat

Gusi yang sehat adalah gusi yang berwarna pink coral, memiliki struktur kulit jeruk, tidak ada pembengkakan, dan tidak mudah mengeluarkan darah.

Gusi ideal seperti ini akan kita dapatkan apabila keadaan gigi terbebas dari kalkulus atau karang gigi, infeksi ataupun penyakit sistemik atau adanya kelainan darah serta gangguan hormon.

Baca Juga: Hari Gini Masih Bau Mulut? Yuk Cari Tahu Penyebabnya !! – Drg. Artesya Meidiyana

Karang Gigi

Karang gigi atau dalam istilah kedokterannya disebut dental kalkulus adalah penumpukan plak yang terbentuk dari sisa-sisa makanan yang mengandung bakteri.

Plak tersebut akan melekat pada permukaan gigi dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga yang awalnya lunak menjadi keras karena mengalami mineralisasi.

Jangka waktu pembentukan plak menjadi kalkulus memiliki perbedaan pada setiap orang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kadar pH air liur, oral hygiene orang tersebut, pola makan, pola mengunyah, dan lainnya.

Karang gigi tidak akan bisa dihilangkan dengan menyikat gigi saja, karena teksturnya yang keras sehingga perlu alat untuk membersihkannya yaitu scaler.

Pembersihan Karang Gigi

Pembersihan karang gigi menggunakan scaler ini hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi. Karang gigi yang dibiarkan dan tidak segera dibersihkan akan berdampak buruk bagi kesehatan gusi, jaringan pendukung gigi lainnya bahkan terhadap gigi tersebut.

Gusi akan mengalami peradangan atau pembengkakan sehingga gusi akan terlihat lebih tebal, berwarna merah terang, dan mudah sekali berdarah baik saat sedang sikat gigi maupun secara spontan. Keadaan ini dikenal dengan sebutan gingivitis atau radang gusi.

Yuk Bersihkan Karang Gigi Setiap 6 bulan Sekali !!

Jika keadaan ini tidak segera diatasi, kelainan akan bertambah menjadi lebih serius ditandai dengan penurunan gusi karena terdesak oleh kalkulus, penurunan tulang alveolar atau tulang penyangga gigi yang berdampak menjadi kegoyangan gigi dan terlepasnya gigi. Keadaan ini disebut periodontitis.

Yuk Bersihkan Karang Gigi Setiap 6 bulan Sekali !!

Gingivitis dan periodontitis merupakan keadaan gusi yang menandakan bahwa gusi dalam keadaan tidak sehat dan harus segera ditangani. Selain itu, keadaan ini membuat masalah lainnya yaitu bau mulut (halitosis), sensitivitas gigi, dan lainnya.

Nah salah satu cara mudah untuk terhindar dari keadaan tersebut adalah dengan rutin membersihkan karang gigi enam bulan sekali ke dokter gigi. Mencegah lebih baik daripada mengobati, sebelum keadaan tersebut terjadi atau menjadi lebih serius.

Yuk periksakan gigimu sekarang juga ke FDC Dental Clinic.

.
Informasi Konsultasi & Reservasi :
☎ 021-8660 1509 (08.00 – 17.00)
.
WhatsApp :

Baca Juga: Gigi Kamu Terlihat Kuning, Mungkin Ini Dia Penyebabnya – Drg. Galih Puspitaningrum

Sumber Referensi :

  • https://www.dentaly.org/en/gingivitis-treatment-symptoms/
  • https://www.carsondds.com/dental-services/common-dental-problems/gingivitis-periodontal-disease.html
  • https://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photography-macro-happy-female-smile-healthy-white-teeth-image19144527
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/yuk-bersihkan-krang-gigi/

Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *