Buah mencegah sariawan – Sariawan pasti sangat tidak menyenangkan untuk kamu, merasa terganggu saat mengonsumsi sesuatu.

Ada banyak penyebab sariawan. Biasanya sariawan akan langsung timbul jika mulut terluka seperti akibat tergigit, terkena makanan yang keras, kawat gigi atau sikat gigi yang kasar.

Selain itu sariawan juga bisa disebabkan karena faktor genetik, stres, hingga faktor hormonal seperti menstruasi pada perempuan. Yang juga menjadi penyebab umum timbulnya sariawan adalah kurangnya konsumsi buah dan sayuran.

Sariawan memiliki nama medis, yakni staomtitis aftosa, yakni keadaan luka dalam mulut, menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Luka ini bentuknya dapat oval ataupun bulat, berwarna kuning ataupun putih; di bagian pipi maupun bibir, atau bagian gusi dan lidah.

Sariawan dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti, kondisi medis yakni akibat kekurangan zat besi atau vitamin B12, cedera atau kerusakan lapisan dalam mulut, efek samping obat, perubahan hormon, konsumsi makanan atau minuman tertentu, merokok, juga kondisi psikologis.

Kekurangan zat besi, vitamin C, dan vitamin B12 menjadi penyebab yang paling lazim dari keadaan tersebut. Nah, untuk mengatasinya, berikut 8 buah untuk mencegah sariawan.

Berikut Buah Pencegah Sariawan

1. Pisang

Inilah-6-Buah-Untuk-Mencegah-Sariawan-yang-Sudah-Terbukti-Ampuh

Siapa yang tidak suka dengan buah ini, buah yang manis dan lembut ini banyak yang suka. Yang masih bayipun sangat suka dengan buah yang satu ini. Dibalik keunggulannya itu banyak sekali manfaat yang terdapat didalamnya.

Pisang mengandung berbagai kandungan yang dibutuhkan dalam mengatasi sariawan, zat besi dan kalium. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang dapat menjaga metabolisme tubuh kamu.

2. Pepaya

Inilah-6-Buah-Untuk-Mencegah-Sariawan-yang-Sudah-Terbukti-Ampuh

Buah yang dikenal sebagai obat pelancar BAB alami ini bisa juga dikonsumsi untuk menghilangkan rasa perih karena sariawan di dalam mulut.

Untuk menyembuhkan sariawan, kamu bisa mencoba mengonsumsi papaya ini secara rutin hingga sariawan sembuh total. Sebagai bonusnya, tentu kamu akan terhindar dari gangguan pencernaan dan membuat proses BAB jauh lebih lancar.

3. Mangga

Inilah-6-Buah-Untuk-Mencegah-Sariawan-yang-Sudah-Terbukti-Ampuh

Kandungan mineral dalam mangga cukup tinggi, terdiri atas potasium, magnesium, kalsium dan selenium. Begitu pun vitaminnya, dalam buah mangga terdapat vitamin B1, B2, Vitamin C, hingga asam folat.

Di samping membantu meredakan sariawan dan influenza, mangga juga dapat menambah kalori, cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan berat badan.

Baca juga: Penyebab timbulnya sariawan

4. Tomat

Inilah-6-Buah-Untuk-Mencegah-Sariawan-yang-Sudah-Terbukti-Ampuh

Selain dimakan langsung atau dibuat jus, kamu juga bisa menempelkan tomat di sariawanmu untuk membantu meredakannya. Tomat mengandung vitamin A dan C yang dapat mencegah sariawan.

Dalam tomat juga terdapat likopen yang tinggi yang berperan sebagai antioksidan dan dapat mencegah kanker.

5. Semangka

Inilah-6-Buah-Untuk-Mencegah-Sariawan-yang-Sudah-Terbukti-Ampuh

Penderita sariawan juga bisa mengonsumsi semangka yang kaya akan serat, air, likopendan kalium sebab likopen ini adalah jenis antioksidan yang siap untuk melawan sariawan sekaligus mengatasi anemia hingga hipertensi.

Namun untuk sariawan, konsumsilah semangka tanpa menghilangkan bagian dekat kulitnya.

6. Sirsak

Inilah-6-Buah-Untuk-Mencegah-Sariawan-yang-Sudah-Terbukti-Ampuh

Buah khas yang satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi tiubuh. Sirsak mengandung sampai dengan 20 mg Vitamin C dalam setiap 100 gram takaran. Hal ini tentunya bisa membantu kamu mengatasi sariawan loh!

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *