Berikut Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik

 Sikat gigi adalah alat pembersih gigi yang sangat sering digunakan, namun jika salah pilih kamu bisa rugi loh.

Jika kamu salah pilih sikat gigi pasti jadi tidak nyaman saat menyikat gigi, dan yang parahnya membuat tidak sempurnyanya saat mengangkat sisa makanan pada sela gigi.

Kamu wajib tau ni tips memilih sikat gigi yang baik. Yuk! Cari tau. Jangan lupa pilih sikat gigi sesuai dengan usia kamu ya FDCiers.

Tips Memilih Sikat Gigi

Berikut-Cara-Memilih-Sikat-Gigi-yang-Baik

Bulu Sikat

Bulu sikat gigi terbagi menjadi 3 jenis, mulai dari halus, medium, dan hard. Jenis sikat gigi yang disarankan oleh dokter gigi adalah jenis soft atau halus. Ini akan membuat kamu tidak merasa sakit pada saat menyikat gigi, dan lapisan luar gigi juga tidak rusak.

Lapisan luar gigi atau enamel gigi rentan banget terkikis jika kamu menggunakan bulu sikat yang tidak halus. Sikat gigi halus juga tidak akan merusak gusi kamu.

Gagang Sikat

Pilihlah gagang sikat yang nyaman saat dipegang, ini akan memudahkan kamu membersihkan sampai kebelakang gigi. Pilihlah gagang yang Panjang, agar maksimal saat kamu membersihkan gigi.

Karet pada gagang sikat gigi juga penting, ini akan membuat tidak mudah slip saat digenggam. Jika kamu memilih yang tidak ada gagangnya makan itu akan membuat slip dan beresiko membuat gusi berdarah.

Memilih Sikat Gigi Anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang wajib memilih sikat gigi, sikat gigi untuk anak diproduksi khusus anak-anak. Semua bahan yang digunakan sudah tentu aman untuk kesehatan anak.

Sikat gigi khusus untuk biasanya dibuat semenarik mungkin untuk membuat anak-anak rajin sikat gigi pastinya. Jadi kamu jangan salah pilih untuk memilihkan sikat gigi untuk anak ya FDCiers.

Itulah tadi cara memilih sikat gigi yang tepat, kamu harus benar-benar memilih sikat gigi yang tepat agar kegiatan pembersihan gigi bisa maksimal. Lalu bagaimana cara merawat sikat gigi? Yuk, cari tau!

Cara Merawat Sikat Gigi

Berikut-Cara-Memilih-Sikat-Gigi-yang-Baik

Tempat penyimpanan

Perhatikan tempat menyimpan sikat gigi, jangan pernah menaruh sikat sembarangan. Ini akan menyebabkan kuman-kuman menempel yang berasal dari hewan yang hinggap pada sikat gigi kamu.

Simpanlah sikat gigi pada wadah kering yang tertutup, pabrikan sikat gigi saat ini telah banyak yang memberikan sekaligus dengan wadah penyimpanan.

Selalu bersihkan sikat gigi

Bersihkan sikat gigi sebelum dan sesudah dipakai, jangan sampai kamu lupa untuk membersihkannya. Kalau kamu menggunakan sikat gigi, lalu lupa membersihkannya terlebih dahulu itu akan berpotensi kuman yang ada dalam sikat masuk dalam mulut kamu.

Jangan dipakai bersama

Yap, kamu dilarang menggunakan sikat gigi secara bersamaan. Sikat gigi yang dipakai secara akan menyebabkan transfer bakteri antara kamu dan pemakai lain.

Jika sistem kekebalan tubuh kamu lemah ini bisa menyebabkan kamu tertular penyakit loh. Maka dari itu hindarilah pemakaian sikat gigi secara bersama-sama.

Ganti sikat gigi

Kamu disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Ini bertujuan agar gigi kamu tetap sehat, sikat gigi yang lama tidak diganti pasti banyak bakteri yang menempel karena terlalu sering digunakan.

Sikat gigi juga pasti akan rusak, ini menyebabkan tidak maksimalnya kamu dalam proses sikat gigi pastinya.

Baca juga: Penyebab gigi kuning

itu tadi tips memilih sikat gigi yang tepat, pilihlah sikat gigi yang pas agar tidak ada lagi kendala dalam proses sikat gigi dan pastinnya akan bisa membuat gigi kamu tetap terjaga kesehatannya.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *