Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Memutihkan Gigi Kuning

Memutihkan gigi yang kuning pasti banyak yang mau, gigi yang kuning sangat menggangu penampilan pastinya. Kamu jadi tidak percaya diri saat berada dikeramaian, gigi kuning disebabkan oleh kebiasaan buruk yang kamu lakukan.

Seperti jarang menyikat gigi, mengonsumsi makanan serta minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning dan lain sebagainnya. Jika tidak mencari cara mengatasi gigi kuning dengan segera, bukan tidak mungkin akan berlanjut hingga timbul kerusakan pada gigi.

Oleh sebab itu kamu perlu tau bagaimana cara yang sudah terbukti ampuh untuk mengembalikan warna gigi. Memiliki gigi yang putih serta bersih tentu menjadi keinginan untuk semua orang.

Gigi yang putih serta bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri pastinya, khususnya saat berhadapan dengan orang lain.

Beberapa Penyebab Gigi Kuning

Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Memutihkan Gigi Kuning

Ada beberapa penyebab yang bisa meyebabkan gigi kamu menjadi kuning.

Berikut penyebab gigi kuning :

Kebersihan gigi yang tidak terjaga

Gigi yang jarang dibersihkan akan menimbulkan plak pada gigi, kemunculan plak disebabkan oleh sisa makanan.

Karena jarang dibersihkan sisa makanan yang masih menyelip disela-sela gigi akan menyebabkan timbulnya plak pada gigi.

Plak pada gigi juga merupakan sumber utama munculnya karang gigi, plak yang lama kelamaan tidak dibersihkan akan mengeras dan menjadi karang gigi. Kalau sudah sampai timbul karang gigi maka sudah semakin membahayakan untuk gigi serta gusi.

Baca juga: Bahaya dari karang gigi yang perlu kamu ketahui

Makanan yang kamu konsumsi

Kopi dan teh memiliki kandungan zat yang dapat mengubah warna pada gigi. Zat yang terkandung dalam kopi dan the adalah tannin, yang ternyata menyebabkan gigi menjadi kuning.

Tanin akan menempel pada lapisan gigi yang terluar, sehingga perlahan-lahan mengubah warna gigi menjadi kuning.

Pada gigi dengan permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah terlihat dan semakin jelas. Lebih mengejutkan lagi, ternyata kandungan tanin pada teh jauh lebih tinggi daripada kopi, sehingga teh lebih cepat membuat menjadi gigi kuning.

Kebiasaan merokok

Tidak hanya buruk untuk kesehatan pernafasan, rupanya rokok juga menjadi salah satu penyebab dari menguningnya gigi. Sumber yang menyebabkan proses perubahan warna ini adalah kandungan nikotin dan tar pada rokok.

Kedua zat tersebut sangat mudah menempel pada gigi dan menumpuk hingga menyebabkan gigi berwarna kekuningan. Bagi perokok berat, efek menguningnya gigi akan terjadi dalam waktu yang sangat cepat.

Apalagi jika tergolong perokok berat, maka gigi akan menghitam setelah bertahun-tahun merokok.

Itu tadi beberapa penyebab yang dapat menyebabkan gigi kamu mengalami perubahan warna menjadi warna kuning. Ingat kebersihan gigi itu sangat penting untuk kamu jaga, periksakan kesehatan secara rutin ke dokter gigi.

Cara Memutihkan Gigi

Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Memutihkan Gigi Kuning

Gunakan siwak

Siwak yang sudah digunakan sejak zaman Nabi dahulu. Fungsinya yang digunakan sebagai alat untuk pembersih gigi ini ternyata juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai pemutih gigi alami loh. 

Caranya penggunaan siwak ini sangat simple sekali, hanya dengan menggosokkan batang siwak secara merata ke gigi.

Kamu bisa melakukannya sebanyak 2-3 kali sehari, sangat simple bukan tidak butuh peralatan yang banyak.

Lemon

Kandungan asam pada lemon mampu mengangkat bakteri penyebab gigi kuning. Kadar PH nya yang seimbang menjadikan buah ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Caranya, ambil 1 buah lemon yang masih segar. Kemudian ambil air perasannya dan campur dengan 1 sendok teh baking soda. Gosokkan dengan menggunakan sikat ke bagian gigi.

Kulit pisang

Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning. Caranya, cukup gosokan kulit pisang ke bagian gigi secara merata.

Apel

Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga pencernaan, apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi yang kuning secara alami. Kamu bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin setiap hari.

Selain itu, kamu juga bisa menggosokkan buah apel secara langsung ke bagian gigi untuk mengangkat noda-noda kuning pada gigi kamu.

Daun sirih

Selain biji buah pinang, nenek moyang kita dahulu juga menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami.

Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami.

Caranya, ambil 1 – 2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, kamu juga bisa merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers!  Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.


Posted

in

by

Comments

Satu tanggapan untuk “Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Memutihkan Gigi Kuning”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *