Inilah Cara Menghilangkan Karang Gigi serta apa Penyebabnya

Karang gigi adalah sisa makanan yang lama tidak dibersihkan lalu mengeras. Sisa makanan ini awalnya biasa saja, dan tidaklah berbahaya.

Namun jika dibiarkan terselip disela gigi dengan waktu yang lama. Maka akan menyebabkan timbulnya plak pada gigi yang merupakan awal dari terbentuknya karang pada gigi.

Menurut artikel yang di terbitkan Wikipedia karang gigi adalah timbunan plak yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Terbentuknya plak gigi ini disebabkan oleh bakteri pada mulut kemudian bersatu dengan sisa makanan.

Karang pada gigi sebenarnya bisa dihindari hanya dengan air liur, ini merupakan cara alami yang dapat membasmi karang gigi. Namun jika karang gigi sudah terlalu menumpuk, air liur sudah tidak mampu lagi untuk membasmi karang gigi.

Sebaiknya kamu tidak menganggap masalah karang gigi ini sebagai masalah kesehatan gigi yang biasa saja. Penyebab dari karang gigi adalah dapat menimbulkan penyakit yang serius, seperti gingivitis.

Penyakit gingivitis ini merupakan gejala awal yang bisa terjadi ketika karang gigi tidak segera ditimbulkan.

Cara yang tepat untuk membasmi karang gigi adalah dengan menjaga kesehatan gigi kamu. Menyikat gigi setiap hari sebanyak dua kali sehari sudah dapat membantu kamu untuk terhindar dari masalah karang gigi ini.

Selain menyikat gigi secara teratur, kamu juga harus rutin kontrol ke dokter gigi untuk memeriksakan keadaan gigi kamu.

Kamu bisa melakukan perawatan scaling gigi untuk membasmi plak pada gigi. Sebelum timbulnya karang pada gigi, ada baiknya kamu membasmi plak pada gigi dengan scaling gigi.

Dengan perawatan scaling gigi bisa dengan mudah membasmi plak dan juga karang pada gigi yang membandel. Perawatan ini hanya bisa kamu lakukan di klinik gigi, karena hanya dokter gigilah yang mampu melakukannya.

Dokter gigi akan menggunakan alat pembasmi karang gigi yang bernama scaler. Nantinya alat ini akan mengankat plak dan juga karang gigi yang terdapat pada gigi kamu. Perawatan ini bisa kamu lakukan setiap 6 bulan sekali, sebagai langkah untuk menjaga kesehatan gigi.

Penyebab Timbulnya Karang Gigi

Inilah Cara Menghilangkan Karang Gigi serta apa Penyebabnya

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa karang gigi dapat timbul karena sisa makanan yang masih terselip. Selain itu ada beberapa penyebab lain yang dapat menimbulkan karang pada gigi.

Malas untuk menyikat gigi adalah hal yang dapat menyebabkan karang gigi dapat timbul. Menyikat gigi yang tidak dilakukan dengan teratur, akan menyebabkan sisa makanan menumpuk.

Lalu akan terbentuk yang namanya plak pada gigi. Dari plak gigi ini lah yang lama tidak dibersihkan dan menjadi keras, lalu timbullah karang pada gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Karang gigi memang sudah seharusnya untuk dibasmi, supaya kamu tidak terserang penyakit. Perhatiakn cara berikut untuk menghilangkan karang gigi.

Rajin menggosok gigi

Dokter gigi manapun pasti akan mengingatkan kamu untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur. Dengan menggosok gigi secara teratur kamu sudah dapat menjaga kesehatan gigi.

Sisa makanan dapat dengan mudah diangkat ketika kamu menggosok gigi. Dengan begitu maka kamu dengan mudah terhindar dari timbulnya karang gigi.

Dental flossing

Dental flossing atau benang gigi ini dapat membantu kamu menyisir bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Benang gigi ini dapat kamu gunakan setiap hari dengan mudah karena tidak membutuhkan alat tambahan apa pun.

Hindari merokok

Merokok selain buruk untuk kesehatan, ternyata dapat menyebabkan timbul karang pada gigi. Hal ini bisa terjadi karena zat-zat yang terkandung dalam satu batang rokok.

Karang gigi yang ditimbulkan akibat efek buruk rokok lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan yang ditimbulkan sisa makanan.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!

Baca juga: Bahan alami untuk tingkatkan kesehatan gigi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *