Dampak Buruk dari Gigi yang Kurang Rapih – FDC Dental Clinic

Kita semua pasti mendambakan gigi yang rapih, bersih dan indah. Namun, beberapa orang memiliki gigi kurang rapi dan tak percaya diri.

Oleh sebab itulah perhatian orang tua di dalam merawat pertumbuhan gigi anak sejak giginya belum tumbuh sangat penting. Kebiasaan yang di akukan saat kecil akan terbawa hingga anak dewasa nantinya.

Dampak Buruk dari Gigi yang Kurang Rapih - FDC Dental Clinic
Dampak Gigi kurang Rapi

Gigi kurang rapi bahkan berantakan bukan hanya mengganggu penampilan, tetapi berdampak pada segi kesehatan maupun psikologis.

Dampak Buruk Gigi Kurang Rapi

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang dapat di timbulkan oleh gigi yang kurang rapi.

Kesulitan Mengunyah Makanan

Gigi yang tumbuh berantakan atau tidak rapih akan mengakibatkan kesulitan dalam hal mengunyah makanan, dikarenakan tidak pas antara satu gigi dengan gigi lainnya. Apalagi pada saat mengkonsumsi makanan yang agak keras.

Gigi Sulit Dibersihkan

Gigi yang tumbuh berantakan seperti bertumpuk,miring atau malposisi sangat sulit untuk dibersihkan. Karena letak gigi yang saling tumpang tindih akan menyulitkan sikat gigi atau benang gigi untuk menjangkau sela – sela gigi.

Baca juga : Kebiasaan Buruk yang Tidak Disengaja Dapat Menyebabkan Gigi Berantakan – Drg. Rossi Nastiti

Terjadinya Penimbunan Plak

Karena sikat gigi atau benang gigi sangat sulit menjangkau sela – sela gigi maka resiko terjadinya penimbunan plak terjadi sangat besar. Seperti yang telah kita ketahui, plak adalah sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi yang tidak dibersihkan. Pada awalnya plak bersifat lunak, namun lama – kelamaan plak mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam. Bila plak dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan penyakit lain.

Munculnya Bau Nafas yang Tidak Sedap

Munculnya masalah nafas tak sedap sudah tentu akan terjadi karena gigi kurang rapi lebih sulit dibersihkan ketimbang gigi yang tersusun rapih.

Berdampak Pada Kesehatan Tubuh Lainnya

Tahukah kalian bahwa kesehatan gigi juga berdampak terhadap kesehatan tubuh lainnya. Dampak yang paling berbahaya yaitu munculnya penyakit jantung dan strok. Bakteri dan mikroorganisme yang terdapat pada plak akan masuk ke dalam jaringan darah yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah.

Baca juga : Karang Gigi? Yuk Kenali dan Cegah Sekarang Juga! – FDC Dental Clinic

Nah ada baiknya anda menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi anda paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *