Inilah Dampak Malas Menggosok Gigi yang Membahayakan Kesehatan

Dampak Malas Menggosok Gigi  – Penyakit, pasti langsung takut jika mendengar kata ini. Penyakit akan muncul jika kamu malas menjaga kesehatan. Begitu juga ketika kamu malas menggosok gigi, banyak penyakit yang akan menyerang tubuh kamu.

Dampak buruk jika malas menjaga kebersihan rongga mulut bukan hanya mengancam kesehatan gigi saja, tetapi juga mengganggu kesehatan seluruh tubuh. Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan malas gosok gigi.

Penyakit yang paling umum terjadi jika malas menggosok gigi adalah terjadinya gigi berlubang. Gigi akan mengalami lubang kecil awalnya, namun lama kelamaan akan timbul lubang yang besar.

Hal ini timbul akibat kebersihan gigi tidak terjaga dengan baik, yang menyebabkan kuman-kuman berkembang biak dengan cepat.

Dampak Malas Menggosok Gigi

Gigi berlubang

Inilah Dampak Malas Menggosok Gigi yang Membahayakan Kesehatan

Gigi bisa berlubang karena ditimbulkan oleh sisa makanan yang tertinggal di gigi. Sisa makanan yang tidak tertinggal dan tidak segera dibersihkan akan mengakibatkan gigi lebih mudah berlubang.

Pengobatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambalnya, namun jika keadaan sudah semakin parah maka tidak bisa ditambal lagi.

Gusi berdarah

Infeksi pada jaringan dan tulang yang mendukung gigi bisa terjadi jika isi mulut jarang dibersihkan. Gusi pun rentan mengalami pendarahan dan menimbulkan infeksi tersebut.

Beberapa Penyebab utama gusi sering berdarah adalah penumpukan plak di garis gusi, menyikat gigi terlalu keras, perubahan hormon saat kehamilan, adanya infeksi, terkena leukemia, dan lain-lainnya.

Baca juga: Tips jitu memutihkan gigi kuning

Bau mulut

Inilah Dampak Malas Menggosok Gigi yang Membahayakan Kesehatan

Bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain. 

Bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan.

bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Diabetes

Pada kondisi mulut yang kering dan penuh bakteri yang diakibatkan karena tidak menggosok gigi dapat meningkatkan risiko terserang penyakit, salah satunya adalah diabetes. Oleh karena itu, menggosok gigi menjadi hal wajib yang harus dilakukan oleh seriap orang.

Kalau kamu merasa tidak sempat untuk menggosok gigi, kamu bisa menyiasatinya dengan selalu membawa benang gigi di dalam tas. Selain itu, kamu juga bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu membersihkan zat-zat berbahaya yang dapat mengacaukan gula darah di dalam tubuh.

Pernapasan terganggu

Malas gosok gigi rupanya memengaruhi paru-paru. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan masalah pernapasan pun muncul. Misalnya asma, infeksi, kanker paru-paru, dan lainnya.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *