Apa Sih Efek Buruk Merokok untuk Kesehatan Gigi dan Mulut?

Begitu banyak penyakit beresiko tinggi membayangi para pecandu rokok seperti kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan juga penyakit yang lainnya seperti pengaruh rokok terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Merokok sudah sangat tidak asing lagi menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat, mulai dari remaja sampai lansia. Walaupun sudah banyak himbauan tentang bahaya dari merokok masyarakat tetap tidak ragu untuk mengkonsumsinya. Padahal merokok sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

Gigi Sensitif

Gigi sensitif adalah salah satu efek yang timbul karena merokok. Ini bisa terjadi dikarenakan oleh timbulnya penyakit-penyakit pada jaringan pendukung gigi sepertu tulang dan gusi. Pada perokok akan mudah terbentuk plak gigi.

Plak gigi adalah endapan materi berisi bakteri yang menempel pada gigi anda. Ditambah lagi jika si perokok tidak terlalu memperhatikan kebersihan giginya.

Lama kelamaan plak tersebut akan menumpuk dan menyebabkan masalah pada jaringan pendukung gigi dan menyebabkan penyakit yang disebut periodontitis.

Jika sudah terjadi periodontitis maka sudah terjadi penurunan tulang diikuti juga penurunan gusi. Penurunan gusi menyebabkan akar-akar gigi terekspos dan menyebabkan gigi lebih sensitif dan anda akan merasa ngilu.

Apa Sih Efek Buruk Merokok untuk Kesehatan Gigi dan Mulut?
Perubahan Warna Bagi Para Perokok

Pengaruh Rokok

Perubahan warna gigi juga terjadi pada perokok. Jika kita perhatikan lebih teliti, perokok memiliki gigi yang berubah warna menjadi kekuningan disbanding yang bukan perokok.

Timbul juga noda-noda kecoklatan yang membuat gigi terlihat gelap dan kotor. Selain perubahan warna pada gigi dapat juga terjadi perubahan warna pada gusi yang menyebabkan warna gusi menjadi coklat kehitaman.

Baca Juga : Bahaya dan Dampak Buruk Rokok Bagi Kesehatan Gigi – Drg. Dorothea Eva

Perokok juga dapat memiliki bau mulut yang tidak sedap. Secara medis bau mulut pada perokok memiliki istilah halitosis. Permasalahan ini tidak  bisa diatasi hanya dengan menyikat atau berkumur saja tetapi anda harus menjauhi rokok itu sendiri dan berhenti mengkonsumsi rokok.

Apa Sih Efek Buruk Merokok untuk Kesehatan Gigi dan Mulut?
Perubahan Warna Gigi

Merokok juga dapat memicu kanker mulut, hal ini adalah resiko terparah yang dapat dialami oleh perokok aktif. Dalam 1 batang rokok terkandung banyak sekali bahan-bahan yang berbahaya yang dapat memicu terjadinya kanker mulut.

Itulah efek serta bahaya dari merokok pada gigi dan mulut. Tentu anda tidak mau mengalami hal- hal tersebut, maka dari itu jauhilah rokok dan stop mengkonsumsi rokok.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.


Informasi Konsultasi & Reservasi :
 021-8660 1509 (08.00 – 17.00)

Baca Juga: Hah? Gigi Bisa Berkarang? Masa Sih? – Drg. Artesya Meidiyana

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *