Enggak Percaya Diri Karena Gigi Ompong? Pakai Aja Gigi Palsu! – Drg. Alifah

Penampilan seseorang tidak hanya dilihat dari bagaimana seseorang berpakaian, gaya rambut, atau mobil yang digunakannya. Salah satu faktor paling penting dari penampilan adalah wajah. dan apakah fokus pertama seseorang ketika pertama kali bertemu dengan orang lain? Yap, itu adalah senyuman. Penampilan gigi depan sangat berpengaruh terhadap tampilan senyum seseorang. Haruskah memasang gigi palsu untuk senyum yang lebih baik?

Penelitian menunjukkan bahwa kehilangan satu atau beberapa gigi dapat menyebabkan perasaan depresi, rasa rendah diri, dan bahkan merasa tidak dapat berkembang dalam karirnya. Survey yang dilakukan oleh Academy of General Dentistry (AGD) menunjukkan bahwa 86% populasi mengalami rasa malu dalam kehidupan sosial sebagai masalah yang berhubungan dengan kehilangan gigi. Lebih dari 50% pasien dengan kehilangan gigi memiliki keterlibatan sosial kurang dibanding orang-orang dengan senyum yang sempurna. Untuk mengatasi masalah kehilangan gigi ini, terdapat beberapa pilihan perawatan dengan gigi tiruan atau gigi palsu.

Terdapat beberapa pilihan gigi tiruan atau gigi palsu yang dapat digunakan oleh populasi yang mengalami kehilangan gigi. Diantaranya yaitu implan gigi, gigi tiruan cekat (bridges), dan gigi tiruan atau gigi palsu lepasan. Pilihan ini tentunya dapat dilakukan berdasarkan indikasi masing-masing.

Implan gigi merupakan akar gigi tiruan yang ditanam ke dalam rahang untuk menggantikan akar gigi asli yang telah hilang. Proses penanaman dilakukan melalui mekanisme pembedahan minor, yaitu dengan cara membuka gusi dan kemudian membuat lobang di bagian tulang.

Selanjutnya adalah gigi tiruan cekat. Gigi tiruan cekat di peroleh dengan mengecilkan gigi sebelahnya untuk di sementasikan mahkota tiruan sebagai penyangga mahkota tiruan gigi yang ompong tersebut. Kemudian yang terakhir adalah gigi tiruan lepasan yaitu gigi palsu yang dapat dilepas pasang oleh pasien.

Tentunya masing-masing dari pilihan ini ada keuntungan dan kerugiannya. Implan gigi memiliki keuntungan yaitu gigi tiruan ini terasa seperti gigi asli karena ditanam ditulang, sedangkan kerugiannya adalah harganya yang mahal dan prosedurnya yang rumit. Gigi tiruan cekat (bridges) memiliki keuntungan lebih estetis yaitu terlihat seperti gigi asli selain itu juga untuk harga lebih ekonomis dibanding implan gigi namun kerugiannya dapat merusak gigi tetangga yang di gunakan sebagai penyangga, apabila pembersihan di bawah mahkota tiruan tersebut sulit di lakukan pasien, sehingga lambat laun gigi disebelah yang di pasang mahkota tiruan penyangga tersebut dapat mengalami karies dan kegoyangan.

Gigi tiruan atau gigi palsu lepasan memiliki keuntungan yaitu harganya yang ekonomis dan prosedurnya yang sederhana. Namun, kerugiannya adalah gigi palsu ini dapat dilepas pasang oleh pasien sehingga memiliki resiko patah atau kehilangan. Pemilihan dari beberapa tipe gigi palsu ini tentunya bergantung dengan kondisi masing-masing individu dan budget yang dimiliki.

Gigi tiruan lepasan. Poto: Drg. Alifah
Gigi tiruan cekat (crown). Drg. Alifah
Gigi tiruan cekat (bridge). Drg. Alifah
Gigi tiruan lepasan. Drg. Alifah

Apapun pilihan gigi palsu, semua yang dilakukan tentunya untuk memperbaiki senyum pasien agar terlihat lebih natural dan sehat. Penggantian gigi yang hilang tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, namun juga dapat memperbaiki fungsi pengunyahan hingga kualitas hidup seseorang.

Jangan lupa lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum pemasangan gigi tiruan atau gigi palsu ya! Jangan lupa juga untuk datang ke FDC Dental Clinic!

Informasi Konsultasi & Reservasi :
☎ 021-8660 1509 (08.00 – 17.00)
.
? WhatsApp :
• @fdc.klender : 0813 8000 0576
• @fdc.pondokkelapa : 0813 8000 0942
• @fdc.jatiwaringin : 0813 8000 0762
• @fdc.pondokaren : 0813 8000 0572
• @fdc.kalimalang : 0823 1184 6868
• @fdc.depok : 0812 9263 7755
• @fdc.bogor : 0823 1184 6969
• @fdc.bandung : 0812 9405 2740

Sumber Info :

How tooth loss affects social and psychological health. Creative Dental. 12 Mei 2017. Web. 23 Juni 2018. <http://creativedentalcare.com/how-tooth-loss-effects-social-and-psychological-health/>

How To Regain Confidence With Missing Teeth. Dr. Michelle Colier. 9 Desember 2014. Web. 23 Juni 2018. < http://waterstonefamilydentistry.com/how-to-regain-confidence-with-missing-teeth/>

Baca Juga: Mengembalikan Warna Gigi Menjadi Putih Cemerlang – Drg. Rebecca Octavina

Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Veneer Gigi – Drg. Yulmia Fatihah

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *