Inilah Penyebab Karies Gigi yang Kerap Dianggap Remeh

Faktor utama penyebab karies gigi adalah plak pada gigi. Plak yang timbul berasal dari sisa makanan yang kamu makanan dan menumpuk pada gigi akibat tidak dibersihkan.

Karies gigi adalah penyakit infeksi yang menyerang struktur jaringan keras gigi. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya gigi berlubang.

Mencegah timbulnya plak pada gigi sangatlah mudah, dengan menjaga kebersihan gigi setiap hari sudah termasuk mencegah timbulnya plak.

Namun kamu juga perlu waspada pada sisa makanan yang terselip dibagian gigi yang sulit dibersihkan. Hanya dengan menyikat saja belum cukup untuk membersihkan sisa makanan.

Kamu bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip dibagian dalam gigi. Lakukan hal tersebut dengan teratur dan dengan menggunakan bahan yang aman untuk rongga mulut pastinya.

Faktor Penyebab Karies Gigi

Bakteri

Seperti disebutkan diatas sisa makanan pada mulut akan menyebab karies gigi. Karies gigi yang terjadi penyebab awalnya adalah plak pada gigi.

Awal munculnya plak pada gigi adalah perkembangan bakteri yang terjadi secara cepat pada rongga mulut. Jika sudah timbul plak pada gigi maka segeralah ke dokter gigi untuk melakukan perawatan.

Plak pada gigi tidak bisa hilang hanya dengan menyikat gigi, kamu bisa melakukan scalling untuk membersihkan plak pada gigi.

Jangan tunggu sampai plak pada gigi mengeras dan menyebabkan timbulnua karang gigi. Yang hanya akan membuatnya menjadi lebih bahaya nantinya.

Plak pada gigi

Inilah Penyebab Karies Gigi yang Kerap Dianggap Remeh

Plak ini terbentuk dari campuran antara bahan-bahan air ludah seperti mucin, sisa-sisa sel jaringanmulut, leukosit, limposit dengan sisa makanan.

Plak ini mula-mula terbentuk, agar cair yang lama kelamaan menjadi keras dan berkembang dengan cepat. Plak pada gigi merupakan masalah yang serius jika tidak segera ditangani.

Umur

Karies gigi sering terjadi pada anak-anak, hal ini berbanding lurus dengan bagaimana mereka menjaga kesehatan gigi.

Diusia anak-anak masih sangat rentan terkena karies gigi, hal ini disebabkan karena mereka suka sekali makanan manis.

Selain suka mengonsumsi makanan yang manis anak-anak juga masih kurang paham dalam menjaga kesehatan gigi.

Tidak hanya pada usia anak-anak saja, usia dewasa dan lansia pun juga bisa terkenakaries gigi.

Diusia dewasa karies gigi sering terjadi karena ada perubahan hormonal. Lalu pada usia lansia karies gigi terjadi karena adanya penurunan gusi.

Air liur

Pengaruh air ludah terhadap gigi sudah lama diketahui terutama dalam mempengaruhi kekerasan email. Air ludah ini dikeluarkan oleh kelenjar paritis, kelenjar sublingualis dan kelenjar submandibularis.

Pada malam hari pengeluaran air ludah lebih sedikit, secara mekanis air ludah ini berfungsi membasahi rongga mulut dan makanan yang dikunyah.

Sifat enzimatis air ludah ini ikut di dalam pengunyahan untuk memecahkan unsur – unsur makanan.

Hubungan air ludah dengan karies gigi telah diketahui bahwa pasien dengan sekresi air ludah yang sedikit atau tidak ada sama sekali memiliki presentase karies gigi yang semakin meninggi.

Misalnya oleh karena therapi radiasi kanker ganas,  xerostomia , klien dalam waktu singkat akan mempunyai  presentase karies yang tinggi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Baca juga: Cara paling efektif untuk memutihkan gigi

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *