Inilah Gejala-Gejala Awal dari Sakit Gigi

Sakit gigi, banyak yang mengeluhkan yang namanya sakit gigi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyebab timbulnya sakit gigi yang paling umum adalah gigi berlubang.

Kasus gigi berlubang sering dikeluhkan oleh anak-anak. Gigi berlubang disebabkan oleh timbulnya plak pada gigi, yang disebabkan oleh sisa makanan.

Sisa makanan yang terdapat pada gigi jika tidak langsung dibersihkan akan timbul plak. Hal ini sumber utama dari penyebab gigi berlubang, yang sering dikeluhkan.

Gejala Gejala Sakit Gigi

Inilah-Gejala-Gejala-Awal-dari-Sakit-Gigi

Gejala awal pada sakit gigi adalah timbulnya rasa nyeri, mulai dari rasa nyeri yang biasa sampai yang tak tertahankan.

Untuk nyeri yang sudah tidak tertahankan biasanya gigi sudah mengalami lubang yang sangat parah, dan hanya bisa ditangani dengan pencabutan gigi.

1. Gusi Bengkak

Gejala sakit gigi yang paling umum ditemui adalah gusi bengkak. Gusi bengkak bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada diri kamu.

Mulai sulit makan sampai terasa sakit saat menyikat gigi, gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya tumpukan plak pada gigi serta gingivitis atau peradangan gusi.

Baca juga: Cara sederhana membasmi karang gigi

2. Bau busuk

Bakteri yang bisa menyebabkan gigi berlubang akan terus berkembang jika gigi tidak bersih. Hal ini akan menyebabkan sakit pada gigi, yang ditandai dengan timbulnya bau busuk pada mulut.

Jika kamu mengalami bau mulut yang tidak hilang-hilang segera hubungi dokter, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Sulit mengunyah

Gejala ini yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang yang mengalami sakit gigi. Akibat dari rasa nyeri yang sering timbul maka disebabkan sulitnya mengunyah makanan.

Kasus ini sering dijumpai pada mereka yang mengalami gigi berlubang. Gigi berlubang juga perlu penganganan khusus agar rasa sakit dapat diatasi.

Penyebab Sakit Gigi

Inilah-Gejala-Gejala-Awal-dari-Sakit-Gigi

Setelah tadi gejala dari sakit gigi sudah kamu ketahui, sekarang adalah penyebab dari sakit gigi yang harus kamu ketahui. Ada beberapa penyebab sakit gigi, diantaranya:

1. Gigi sensitif

Penyebab sakit gigi yang pertama adalah gigi sensitif, gigi sensitif cenderung mudah untuk terkena penyakit.

Gigi sensitif bisa ditandai dari beberapa cara, contoh saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin maupun panas, akan terasa nyeri dan berdenyut-denyut.

Kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, serta bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan gunakan pasta gigi khusus untuk gigi yang sensitif.

2. Gigi Berlubang

Mungkin kamu sudah paham betul tentang gigi berlubang, gigi berlubang sering menyebabkan sakit pada gigi.

Gigi yang berlubang akan semakin menyebabkan rasa sakit, jika lubang yang terdapat pada gigi mulai membesar.

Kamu bisa meredakan rasa sakit pada gigi berlubang dengan menambalnya, namun jika belum terlalu parah.

Jika gigi berlubang sudah semakin parah sampai menyebabkan pembusukan, maka jalan terbaik untuk meredakan rasa sakit adalah mencabutnya.

3. Penyakit Gusi

Penyebab sakit pada gigi selanjutnya adalah penyakit pada gusi atau yang biasa disebut gingivitas. Hal ini diperparah dengan penumpukan plak pada gigi yang tidak segera ditangani dengan benar.

Rasa sakit yang timbul disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam plak, yang menyebabkan gusi bengkak dan mudah berdarah.

4. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dapat menyebabkan sakit pada gigi, kebiasaan buruk yang sering dijumpai pada penderita sakit gigi adalah malas menyikat gigi. Jika kamu malas menyikat gigi, ini akan menyebabkan timbulnya gejala-gejala awal dari penyebab sakit gigi.

Dokter gigi menganjurkan untuk menyikat gigi setiap hari sebanyak dua kali, tidak hanya menyikat gigi kamu juga harus rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Hal ini wajib kamu lakukan agar kesehatan gigi tetap terjaga serta kamu bisa terhindar dari penyakit gigi pastinya.

Itu tadi penyebab sakit gigi yang harus kamu tau, sakit gigi bisa kamu cegah dengan cara rutin merawatan kesehatan gigi.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers!  Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *