Mau Punya Gigi Bersih Tanpa Lubang? Yuk Simak Kiat-kiatnya

Merawat gigi sebenarnya susah-susah gampang sih. Terkadang kita sudah rajin menggosok gigi tapi tetap saja gigi kita bermasalah. Salah satunya adalah gigi berlubang. Pasti kalau sudah berlubang, gigi kita akan terasa ngilu.

Kebiasaan merawat gigi harus ditanamkan sejak usia dini agar gigi selalu terjaga dengan baik dan sehat. Semua manusia di dunia bisa loh punya gigi yang sehat dan utuh seumur hidup kalau rajin menjaga kebersihan gigi. Jauh-jauh deh dari istilah kakek-kakek atau nenek-nenek yang identik ompong atau gigi berlubang itu hanya mitos.

Kira-kira apa saja sih yang harus dilakukan untuk menjaga gigi agar selalu sehat.

Berikut ini adalah tips dan trik agar kondisi  gigi dan rongga mulut kita selalu baik dan sehat:

1. Selalu sikat gigi minimal dua kali dalam sehari

Mau Punya Gigi Bersih Tanpa Lubang? Yuk Simak Kiat-kiatnya
Rajin Sikat Gigi

Yup sikat gigi itu penting sekali, minimal dua kali sehari yaitu pada saat setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Jadi kalau mau lebih dari dua kali juga tidak masalah.

Mengapa sikat gigi menjadi hal yang sangat penting? Karena didalam rongga mulut banyak sekali bakteri-bakteri jahat yang bisa merusak gigi, kalau gigi dalam keadaan kotor bakteri akan lebih mudah merusak gigi sehingga gigi akan membentuk jaringan karies yang akan menyebabkan gigi akan berlubang.

2. Periksa gigi minimal dua kali dalam setahun ke dokter gigi

Mau Punya Gigi Bersih Tanpa Lubang? Yuk Simak Kiat-kiatnya
Rutin Kontrol Kesehatan Gigi

Silaturahmi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali juga penting, tujuannya untuk cek keadaan gigi dan rongga mulut. Jangan hanya sosmed yang di-update, keadaan gigi juga perlu di-update supaya tahu kira-kira ada yang bermasalah atau tidak pada rongga mulut.

Cara ini juga merupakan trik untuk menghemat biaya perawatan gigi, karena semakin parah kerusakan gigi juga mempengaruhi biaya perawatan gigi yang semakin tinggi.

3. Fissure sealant pada gigi geraham

Mau Punya Gigi Bersih Tanpa Lubang? Yuk Simak Kiat-kiatnya
Fissure Sealant

Fissure sealant adalah perawatan pada gigi geraham dengan cara memberikan bahan tambal pada ceruk/ pit pada permukaan kunyah gigi. Perawatan ini bertujuan untuk mengatasi ceruk/ pit yang mudah terselip sisa makan dan sulit dibersihkan.

Setelah gigi geraham dilakukan fissure sealant permukaan kunyah gigi akan menjadi landai dan terhindar dari sisa makanan yang terselip.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :

Inilah Masalah yang Sering Terjadi pada Gusi – Drg. Intan Kumaladewi  

Kenapa sih Gigi Perlu dicabut dengan Pembedahan? – Drg. Permata Dydha Putri


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *