Cara Tepat Mengatasi Rasa Sakit Ketika Gigi Bungsu Tumbuh

Gigi bungsu atau gigi molar akan tumbuh ketika kamu berumur 17-25 tahun.

Saat gigi ini tumbuh biasanya kamu akan merasakan rasa nyeri yang akan menyakitkan. Ini merupakan hal yang wajar ketika gigi bungsu memaksa keluar dari gusi.

Terlebih jika gigi ini menusuk gusi, rasanya akan menjadi sangat nyeri. Gigi bungsu akan tumbuh di empat bagian rahang, yaitu kanan atas belakang, kiri atas belakang, kanan bawah belakang, dan kiri bawah belakang.

Tidak ada cara mencegah gigi ini untuk tidak tumbuh miring. Di karenakan pertumbuhan gigi ini bersifat alamiah dan tergantung benih giginya. Jika benihnya bagus maka gigi tersebut akan tumbuh lurus. Maka saat gigi ini tumbuh berpotensi sangat besar untuk sakit.

Namun gigi ini tidak bisa muncul seperti gigi yang lain karena memiliki pertumbuhan berbeda dengan yang lain, hal ini disebabkan oleh ruang yang tidak cukup di dalam rahang. Karena bentuk rahang manusia yang berbeda-beda.

Pertumbuhan Gigi Bungsu Berbeda

Cara-Tepat-Mengatasi-Rasa-Sakit-Ketika-Gigi-Bungsu-Tumbuh
Pertumbuhan Gigi Yang Tak Sesuai

Hal ini yang menyebabkan pertumbuhan gigi bungsu setiap orang juga berbeda, sering terhalang oleh gigi geraham lain yang sudah muncul jika rahang anda tidak memiliki ruang yang cukup.

Jika dibiarkan, gigi yang tumbuh ke samping bisa merusak gigi di sebelahnya, merusak tulang rahang, dan juga saraf. Tidak hanya itu, letaknya yang sulit dijangkau memudahkan makanan terperangkap dan dapat menyebabkan plak pada gigi.

Plak pada gigi jika kamu tidak segera bersihkan maka akan menimbulkan yang namanya karang gigi. Karang gigi merupakan awal mula penyakit peradangan pada gusi.

Peradangan pada gusi sangat jarang terdeteksi, karena tidak menyebab rasa sakit. Oleh karena itu sebaiknya kamu harus selalu waspada, dan tetap harus rajin merawat kesehatan gigi.

Lalu bagaimana mengatasi rasa sakit ketika gigi bungsu tumbuh? Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Mengatasi Rasa Sakit Ketika Gigi Bungsu Tumbuh

Cara-Tepat-Mengatasi-Rasa-Sakit-Ketika-Gigi-Bungsu-Tumbuh
Berkumur Dengan Air Garam dan Obat Kumur Dapat Meredakan Rasa Nyeri

Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa sedikit mengatasi rasa sakit ketika tumbuh gigi bungsu. Berkumur dengan air garam juga bisa mengatasi sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang.

Tidak hanya bisa digunakan untuk menyedapkan makanan, garam juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu.

Cara penggunaannya juga tidak susah, sangat simpel kamu hanya perlu satu sendok garam lalu larutkan dengan air hangat.

Kemudian kamu bisa langsung kumur dengan air garam, sangat mudah bukan. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kompres dengan es

Kamu bisa menggunakan es batu dan letakkan dibagian pipi tempat gigi bungsu tumbuh. Lakukan selama 15 menit. Jika kamu tidak tahan dengan dinginnya es, kamu bisa menggunakan handuk kecil untuk memgang es batunya.

Minum obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri dapat membantu meredakan rasa nyeri yang diakibatkan karena gigi bungsu tumbuh.

Namun jika kamu ragu untuk menentukan obat pereda nyeri kamu bisa konsultasi dengan dokter gigi ketika melakukan perawatan gigi.

Gigi Bungsu Harus Dicabut?

Cara-Tepat-Mengatasi-Rasa-Sakit-Ketika-Gigi-Bungsu-Tumbuh
Cabut Gigi Bungsu Haruskah?

Keadaan yang mengharuskan gigi bungsu dicabut atau tidak adalah dokter yang akan menentukan. Jika dokter melihat ada hal yang tidak beres pada gigi bungsu, dan juga akan membahayakan kesehatan gigi dikemudian hari maka akan dicabut.

Jika kamu merasakan gejala-gejala seperti gusi bengkak, sakit, dan terasa ada yang aneh pada gigi kamu. Maka sebaiknya kamu menghubungi dokter untuk menanyakan apa yang terjadi.

Dokter akan melakukan rontgen gigi untuk mengetahui permasalahan yang sedang kamu alami. apakah ada permasalahan pada gigi bungsu atau tidak.

Baca juga: Penyebab gigi geraham mudah berlubang

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *