Inilah Penyebab Gigi Geraham Lebih Mudah Berlubang

Gigi geraham berlubang merupakan kasus kesehatan gigi yang paling sering dijumpai. Hal ini dikarenakan masih banyak yang takut untuk berkunjung ke dokter gigi untuk periksa gigi secara rutin.

Padahal memeriksakan kesehatan gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali sangatlah penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Awal terjadinya gigi geraham yang bolong mungkin tidak langsung kamu rasakan. Karena gigi yang bolong hanya membentuk bolong halus yang kasat mata.

Namun jika bolong yang tak kasat mata itu tidak segera ditangani maka akan menjadi bolong yang besar lagi.

Gigi bolong yang semakin akan mengakibatkan sakit yang tak tertahankan. Jika gigi kamu sudah memiliki bolong yang seperti maka akan semakin sulit lagi untuk ditangani.

Penyebab Gigi Geraham Mudah Berlubang

Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan gigi geraham kamu mudah berlubang, berikut penyebabnya.

Anatomi Gigi

  • Gigi geraham memiliki tonjolan dan juga lekukan. hal ini yang dapat menyebabkan gigi geraham mudah berlubang dari gigi taring dan juga gigi seri.
  • Karena ada lekukan pada gigi geraham, menyebabkan makanan jadi mudah terselip dan sulit dibersihkan.
  • Jika kamu menyikat giginya dengan tidak benar maka makanan yang terselip akan tetap bertahan di gigi geraham.

Posisi Gigi

  • Posisi gigi geraham terletak dibagian paling belakang dibandingkan gigi taring gigi seri. itulah yang menyebabkan gigi geraham sangat mudah berlubang.
  • Untuk menyikat gigi, kamu juga harus menyikat sampai ke gigi geraham dengan menyeluruh.

Fungsi gigi

  • bagian gigi geraham menjadi sangat lebih mudah berlubang karena memiliki fungsi yaitu untuk mengunyah makanan. kebiasaan kita untuk mengunyah dengan gigi geraham, dan tidak dibarengi dengan melakukan perawatan gigi menyebab gigi lebih mudah berlubang. terutama pada bagian gigi geraham.

Baca juga: Kondisi gigi yang perlu di veneer

Bahaya Gigi Berlubang

Inilah Penyebab Gigi Geraham Lebih Mudah Berlubang

Awal terjadinya masalah gigi berlubang biasanya sangatlah sulit untuk dideteksi. Kamu baru mengetahuinya jika sudah membentuk lubang besar, dan juga sudah terasa nyeri.

Umumnya gigi berlubang dialami oleh anak-anak, dan tak jarang juga orang dewasa mengalami masalah ini. Sumber utama dari timbulnya gigi berlubang adalah makanan yang memiliki rasa manis.

Jika kamu menyukai makanan ataupun minuman yang manis, sebaiknya kamu juga harus menyeimbanginya dengan merawat gigi secara rutin. Dengan menggosok gigi setiap 2 kali sehari dengan pasta gigi mengandung fluoride.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya. Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *