Gigi Palsu itu Natural atau Tidak Ya? – Drg. Nita

Menurut pengertian dari para dokter gigi spesialis gigi palsu, “Pengkarakteristikan gigi tiruan adalah modifikasi bentuk dan warna gigi untuk menghasilkan penampilan yang terlihat lebih hidup”.

Seperti yang dikatakan oleh Frush dan Fisher, “lingkungan dari gigi sama pentingnya dengan gigi itu sendiri”.

Dari kedua elemen tersebut yang harus dipertimbangkan dalam  gigi tiruan lengkap harus estetik dan juga berfungsi secara baik.

  • Hardy mengatakan “Untuk mendapatkan estetik yang dibutuhkan dari gigi tiruan pasien, maka kita harus membuat (gigi tiruan) gigi yang terlihat seperti gigi (pasien) yang natural”
  • Gigi tiruan lengkap dapat dikarakteristikan dengan dua metoda dasar yaitu :
  1. Karakteristisasi dengan pemilihan, penyusunan dan modifikasi dari gigi palsu.
  2. Karakteristisasi dengan mewarnai basis gigi tiruan.

Baca juga : Kegunaan Gigi Tiruan untuk Kesehatan – Drg. Nurul

Gigi Palsu itu Natural atau Tidak Ya? - Drg. Nita
Gigi Palsu

Karakteristisasi dengan pemilihan : (penyusunan dan memodifikasi gigi tiruan). Gigi dapat dimodifikasi agar harmonisasi dengan usia, jenis kelamin, dan sifat pasien untuk menyediakan subjektif yang seragam.

Fisher mengatakan bahwa jenis kelamin, sifat, dan umur dapat digunakan sebagai penuntun pemilihan, penyusunan, dan karakteristikasi gigi untuk “meningkatkan penampilan individu yang lebih natural”.

Indikasi untuk karakteristikasi dari basis gigi tiruan

  1. Pasien dengan bibir atas yang aktif
  2. Pasien dengan tulang maksilari yang menonjol.
  3. Aktor, penyanyi dan lainnya yang area jaringan gusinya terekspose pada saat tampil.
  4. Secara fisiologik gigi tiruan dapat diterima oleh pasien.

Bahan gigi tiruan lengkap tidak hanya untuk mengganti gigi yang hilang tetapi juga mengembalikan estetik, fonetik dan fungsi. Karakteristikasi dari gigi tiruan lengkap adalah hal yang penting untuk memberikan gigi tiruan terlihat lebih hidup,untuk membuatnya terlihat lebih natural.

Setiap gigi tiruan harus dikarakteristikan sesuai dengan sifat pasien, dibandingkan dengan hasil penyusunan gigi tiruan yang terlihat seperti mutiara mengkilap, pada lapisan basis resin akrilik gigi tiruan sehingga terlihat palsu.

Tujuan estetik kami adalah untuk dapat menghasilkan karakteristik yang sesuai dengan anatomi sebelum dilakukan pencabutan.

Baca juga : Bolehkah Memasang Behel Pada Gigi Tiruan?

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.


Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *