Inilah Tips Merawat Gigi Susu Si Kecil

Gigi susu si kecil – Gigi merupakan satu dari banyak anugerah yang diberikan Tuhan pada kita. Bila kita menyepelekan kesehatan gigi, maka kita harus siap melihat kerusakan gigi kita.

Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar menjaga kesehetan gigi, termasuk gigi susu.

Gigi susu pada anak-anak juga penting untuk dijaga kesehatannya. Bila gigi susu rusak dan tanggal sebelum waktunya, bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi permanennya.

Sedari kecil kesehatan gigi pada anak haruslah sangat diperhatikan.

Lagipula memulai hal yang  baik sejak kecil juga patut untuk dilakukan dan diajarkan kepada anak-anak. Agar dewasa nanti ia terbiasa untuk aware pada kesehatan giginya. Berikut ini lima tips untuk merawat gigi susu pada anak-anak

1. Menghindari kebiasaan buruk.

Seringkali kita melihat anak-anak minum susu dengan dot. Padahal kebiasaan minum susu dengan dot bisa berakibat buruk bagi gigi susu anak.

Pasalnya kebiasaan ini bisa mengakibatkan karies botol. Gigi yang terkena karies botol biasanya adalah keempat gigi susu atas depan.

Bila kebiasaan ini berlanjut, bahkan bisa menyebabkan gigi susu geraham bawah akan berlubang.

2. Tidak terlalu sering memberikan makanan manis pada anak

Makanan manis merupakan hal yang paling disukai anak-anak. Namun sayangnya, terlalu banyak makan makanan manis bisa merusak kesehatan gigi mereka.

Makanan manis mengandung gula yang cukup tinggi, di mana sisa-sisanya bisa tertinggal dan berkumpul bersama ludah  dan bakteri.

Hal itulah yang bisa menyebabkan plak hingga karang gigi, bahkan bisa menimbulkan karies.

3. Memilih sikat gigi

Pilihlah sikit gigi dengan bulu yang sikat yang lembut dan permukaan bulu yang rata. Hal itu dikarenakan gusi anak yang masih sensitif.

4. Lakukan kegiatan menggosok gigi bersama anak secara rutin

Meskipun masih gigi susu, anak-anak juga harus menggosok gigi secara rutin. Yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Sebaiknya orangtua tidak hanya memerintahkan anaknya menggosok gigi, tapi juga melakukan aktifitas menggosok gigi itu bersama-sama. Agar suasana menjadi lebih menyenangkan dan anak jadi terbiasa.

Baca juga: Bahaya dari gigi berlubang

5. Mengajak anak ke dokter gigi

Banyak orang dewasa yang tidak mau ke dokter gigi karena rasa takut. Padahal sebenarnya karena ia tidak pernah diperkenalkan orangtuanya pada dokter gigi.

Sebelum gigi anak sakit, ajaklah ia pergi mengunjungi dokter gigi. Konsultasikan perkembangan gigi susu mereka pada dokter gigi.

Agar dokter gigi bisa mendeteksi masalah-masalah yang akan timbul pada gigi si kecil.

Semakin dini mengajak si kecil ke dokter gigi, semakin ia terbiasa bertemu dokter gigi. Sehingga perkembangan gigi susunya bisa terpantau dengan baik dan dewasa nanti ia akan peduli dengan kesehatan giginya sendiri.

Jangan lupa ajak si kecil mengunjungi FDC Dental Clinic ya!

Ditulis Oleh: drg. Yulmia Fatihah


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *