Hilangkan Bakteri pada Plak Gigi dengan Cairan Ini

Hilangkan bakteri pada plak gigi – Sebenarnya plak gigi merupakan salah satu deposit yang terdiri dari kumpulan bakteri pada permukaan gigi.

Plak gigi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit gigi dan mulut, seperti karang gigi, kerusakan tulang penyangga gigi, dan gigi berlubang.

Jadi awal mula karang gigi atau gigi berlubang ya karena banyaknya bakteri pada plak gigi ini. So, be carefull ya FDCiers.

Plak Gigi.

Biasanya salah satu cara paling ideal untuk menghilangkan plak pada gigi adalah dengan rajin menyikat gigi dengan teknik yang benar minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

Akan jauh lebih baik lagi apabila setelah menyikat gigi, kita menggunakan dental floss atau interdental brush untuk membersihkan sela-sela gigi hingga bersih.

Kalau untuk pasta gigi sih, kamu bebas mau menggunakan yang mana saja sesuai dengan selera kamu.

Hilangkan Bakteri Pada Plak Gigi

Nah, tapi kalau kamu mau coba cara yang ngga biasa untuk menghilangkan plak gigi, kamu bisa nih berkumur menggunakan minyak kelapa murni! Hmm mungkin sedikit aneh ya?

Memang pada awalnya terlihat aneh, tetapi menurut penelitian yang pernah saya lakukan pada tahun 2014, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil ini memiliki efek untuk menghilangkan bakteri-bakteri pada plak gigi lho.

Penelitian yang saya lakukan ini berfokus pada bakteri Streptococcus alpha haemoliticus, yaitu salah satu bakteri yang banyak ditemukan pada plak gigi.

Minyak kelapa murni terbukti dapat mengurangi bakteri tersebut apabila dikumur minimal selama 30 detik.

Gimana? Kamu mau nyobain kumur-kumur pakai minyak kelapa murni? Cusss cobain kalau penasaran.. Apalagi minyak kelapa murni cukup mudah didapatkan lhoo.

Hmm tapi sebagai dokter gigi, saya tetap menyarankan untuk membersihkan plak gigi secara mekanis juga ya, yaitu dengan menggunakan sikat gigi, kalau bisa sikat gigi yang bulunya lembut.

Selain itu juga rajin memeriksakan diri ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali ya.

Baca juga : Apa Aja sih Proses Bleaching untuk Memutihkan Gigi?

Source: https://www.appledentalmonroe.com/2016/11/01/dental-plaque-no-reward-teeth/


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *