Inilah Manfaat Pemakaian Retainer Setelah Lepas Behel

Manfaat pemakaian retainer – Bagaimana sih perasaan kamu setelah lepas behel? Pasti senang banget kan. Setelah bertahun lamanya kamu harus sabar memakai kawat pada gigimu, akhirnya kamu bisa lepas dari jeratannya. Tapi, ada satu hal yang enggak boleh untuk kamu lupain benda kecil bernama retainer.

Jadi, apa sih Retainer itu? Retainer adalah alat penahan gigi yang biasanya digunakan setelah melepas kawat gigi. Sebenarnya apa saja sih manfaat dari retainer tersebut?

Manfaat Pemakaian Retainer

Pertama, menahan gigimu agar tetap bisa tersenyum dengan indah.

Behel merupakan alat yang digunakan manusia untuk berinvestasi dalam mendapatkan senyuman yang indah. Setelah kurang lebih minimal 2 tahun pemakaian, pasti akan tiba masanya untuk melepas benda berkawat tersebut.

Saat-saat itulah yang harus diperhatikan bagi si pemakai kawat gigi. Meskipun di akhir-akhir masa pemakaiannya kita sudah bisa mendapatkan susunan gigi yang rapi, tapi kita enggak boleh langsung berpuas diri. Karena posisi gigi itu mudah banget untuk relapse.

Retainer itulah benda yang bisa menjaga dan menahan struktur gigimu agar tetap lurus dan menampilkan senyuman yang indah dan sehat. Pemakaian pertama retainer pasti akan terasa sangat sulit, karena pada saat itulah gigi lebih rentan untuk kembali ke posisi semula.

Inilah Manfaat Pemakaian Retainer Setelah Lepas Behel
Penggunaan Retainer. Foto: Freepik.com

Seiring bertambahnya usia, seseorang juga akan mengalami fenomena yang disebut, “natural physiological drift”. Fenomena inilah yang akan menyebabkan lebar senyum seseorang menjadi lebih sempit dan gigi akan berpindah. Dengan pemakaian retainer, kita bisa mencegah fenomena ini.

Kedua, bisa digunakan sebagai perawatan tambahan.

Kamu tahu bruxism? Yaitu kebiasaan menggemeretakkan gigi pada saat tidur. Selain bermanfaat sebagai perawatan setelah melepas kawat gigi, ternyata retainer bisa juga digunakan untuk mengurangi kebiasaan bruxism kamu lho!

Ada juga penyakit yang bernama TMJ (temporomandibular joints) Disorders. Penyakit ini adalah penyakit yang biasanya menyerang sendi yang melekat pada tulang tengkorak, yang biasa digunakan untuk menguap, mengunyah, berbicara, dll. Penyakit satu ini juga bisa diredakan dengan penggunaan retainer lho!

Ketiga, retainer benda kecil yang bisa membuat perubahan besar.

Biaya yang kamu keluarkan untuk pemakaian kawat gigi pastilah tidak sedikit. Belum lagi selama kurang lebih 2 tahun, kamu harus melakukan kontrol setiap bulannya. Jika dihitung pasti sudah banyak biaya yang harus rela kamu  keluarkan.

Oleh karena itu kamu juga tidak boleh sembarangan dalam melepasnya. Jika kamu melepas kawat gigi begitu saja tanpa memakai retainer, maka kamu siap-siap kecewa karena posisi gigi yang relapse.

Baca juga: Apa itu Veneer

Gigi kamu juga bisa kembali berantakan. Kalau sudah seperti itu, pasti kamu jadi pengin pasang behel lagi kan?

Tetapi kamu enggak perlu khawatir, karena retainer merupakan benda kecil yang bermanfaat banget bagi kamu si pemakai kawat gigi. Retainer melengkapi perawatan kawat gigimu!

Dengan hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk retainer, dan memakainya dengan baik. Kamu bisa mendapatkan senyuman indah yang sempurna hingga akhir hidupmu.

Jadi, jangan lupa pasang retainermu setelah lepas behel ya!

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.

Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.
Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *