Inilah Yang Terjadi Jika Sering Menggunakan Tusuk Gigi

Hampir semua rumah makan terdapat tusuk gigi, yang berfungsi untuk membersihkan gigi.

Apabila terdapat makanan yang menyangkut di sela-sela gigi,tetapi ternyata penggunaan tusuk gigi tidak terlalu baik untuk kesehatan gigi. Ada beberapa hal yang terjadi karena terlalu seringnya kita membersihkan gigi dengan tusuk gigi.

Ternyata jika sering menggunakan tusuk gigi terdapat beberapa hal yang dapat terjadi yaitu adanya pengikisan. Kira-kira kenapa terjadi pengikisan ya?

Hal itu karena saat kita membersihkan antara celah-celah gigi dengan bentuk tusuk gigi yang ukurannya tidak cukup kecil sehingga dapat menyebabkan pengikisan dan merusak gusi sehingga dapat mengakibatkan penyakit pada gusi.

Akibat Sering Menggunakan Tusuk Gigi

Penggunaan tusuk gigi yang sering dan selalu pada tempat yang sama dapat menciptakan ruang diantara dua gigi sehingga dapat memperburuk kondisi dan kemungkinan lebih terjebaknya makan ada tempat tersebut.

Baca Juga : Yuk Jaga Kesehatan Gigi Anak Sedini Mungkin – Drg. Nadia Cantika

Inilah Yang Terjadi Jika Sering Menggunakan Tusuk Gigi
Akibat Sering Menggunakan Tusuk Gigi

Dari fakta – fakta yang di atas sehingga banyak sumber yang lebih menyarankan penggunaan benang gigi sebagai alat untuk membersihkan sela-sela gigi.

Penggunaan benang gigi lebih disarankan karena mempunyai resiko yang lebih rendah dibandingkan tusuk gigi. Sebenarnya benang gigi dan tusuk gigi memiliki fungsi yang sama tetapi dari segi keamanan benang gigi merupakan pilihan yang lebih baik.

Tetapi sebenarnya penggunaan benang gigi yang berulang juga tidak disarankan sehingga apabila sudah memakai benang gigi atau biasa disebut dental floss sebaiknya di buang, karena penggunaan dental floss secara berulang akan menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu sebaiknya untuk membersihkan sela-sela gigi lebih disarankan untuk menggunakan benang gigi atau dental floss, dan tidak lupa untuk rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi sehingga dapat dengan cepat ditangani apabila terjadi sesuatu di mulut dan gigi.

Inilah Yang Terjadi Jika Sering Menggunakan Tusuk Gigi
Gunakan Dental Floss Untuk Pengganti Tusuk Gigi

Nah sangat disarankan untuk menggunakan dental floss saja untuk membersihkan sela-sela gigi kamu. Ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.


Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *