Jenis Behel Gigi Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Behel gigi saat ini begitu banyak jenisnya, mulai dari yang transparan sampai yang berwarna-warni.

Behel gigi bermanfaat juga untuk menunjang penampilan kamu, tidak hanya itu pemasangan behel juga baik untuk kesehatan. Gigi yang tidak rapi serta susunan rahang yang tidak normal akan menjadikan kamu merasa tidak percaya.

Akibat lain yang bisa terjadi jika gigi kamu tidak rapi adalah sulit mengunyah makanan. Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah makanan sebelum makanan dicerna oleh organ tubuh lainnya.

Jika makanan tidak dikunyah dengan baik oleh mulut, akan mengakibatkan organ lain susah untuk mencernanya. Hal ini akan mengakibatkan sistem pencernaan terganggu nantinya.

Pasang behel juga tidak boleh sembarangan, kamu harus cari klinik gigi yang benar-benar berkualitas. Carilah klinik gigi dengan kualitas terjamin, FDC Dental Clinic merupakan klinik gigi yang bisa kamu pilih untuk pasang behel. Di FDC Dental Clinic memiliki dokter professional dalam bidangnya, untuk lebih lanjutnya klik disini.

Jenis Behel Gigi

Jenis-Behel-Gigi-Serta-Manfaatnya-Bagi-Kesehatan
Jenis Dari Behel

Ada beberapa jenis behel gigi yang dapat kamu pilih, berikut jenis-jenisnya:

Behel metal

Behel ini merupakan jenis behel yang paling banyak digunakan saat ini, karet elastis dari behel ini memiliki warna-warna yang menarik alias warna-wani.

Sangat cocok untuk kamu yang suka warna-warna cerah. Maka dari itu behel ini memerlukan perawatan yang ekstra, kamu harus mengganti karet elastis di klinik gigi secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Harga dari behel ini juga tidaklah mahal, cocok untuk kamu yang masih kuliah dan biaya minim namun ingin memiliki gigi yang ideal. Behel ini memiliki banyak warna yang dapat kamu pilih, sesuai kesukaan kamu pastinya. Tidak Cuma itu behel ini bisa dikombinasikan antara warna lainnya.

Baca juga: Bahaya gigi berlubang

Behel lingual

Behel ini lain dari behel-behel lainnya, itu karena behel ini akan dipasang dibagian belakang gigi kamu. bracket akan dikaitkan ke gigi bagian belakang kamu, ini sangat cocok untuk kamu yang ingin bentuk gigi rapi namun kurang percaya diri jika memakai behel.

Itu karena behel ini tidak akan terlihat dari depan. Jadi kamu akan tetap bisa melakukan aktifitas sehari-hari tanpa malu karena pakai behel. Perawatan behel ini tidak boleh sembarangan, karena behel terletak dibelakang kamu wajib ekstra dalam perawatannya.

Behel damon

Ini merupakan behel yang paling modern dalam proses pemasangannya, pemasangan behel damon tidak terlalu sakit beda dengan behel-behel lainnya, hal ini dikarenakan behel damon tidak menggunakan karet elastis, dan terdapat juga behel damon yang transparan.

Behel damon juga dikenal dengan self ligating braces, jika kamu memakai behel ini kamu juga tidak diharuskan untuk sering sering ke dokter gigi untuk kontrol. Itu karena behel ini tidak memakai karet elastis lagi. Bukan berarti kamu lepas dari periksa rutin ke dokter gigi ya.

Dalam proses pemakaian behel kamu wajib untuk kontrol rutin ke dokter gigi, hal ini bertujuan untuk mengecek perubahan yang kamu alami selama pemakaian behel. Dokter akan mengecek apakah sesuai rencana atau ada gejala yang timbul selama masa periode pemakaian behel.

Manfaat Behel Gigi

Jenis-Behel-Gigi-Serta-Manfaatnya-Bagi-Kesehatan
Manfaat Behel Untuk Merapikan Gigi

Behel gigi juga memiliki banyak manfaat tentunya, kamu akan mendapatkan gigi yang rapi setelah pemakaian behel gigi. Behel gigi akan menarik secara perlahan gigi kamu supaya kembali ke posisi semula.

Merapikan gigi

Manfaat behel paling utama adalah merapikan gigi, untuk kamu yang giginya berantakan renggang ataupun bertumpuk. Pasang behel adalah solusi utamanya, behel akan menarik secara perlahan-perlahan gigi kamu supaya membentuk posisi yang proposional.

Mengembalikan fungsi gigi

Fungsi utama gigi adalah untuk mengunyah, jika gigi kamu rapi maka proses pengunyahan akan semakin mudah bukan. Kamu juga gak akan kesulitan lagi jika mengunyah berkat gigi yang sempurna.

Menghindari penumpukan plak

Susunan gigi yang tidak rata akan menyebabkan penumpukan plak, hal ini dikarenakan proses pembersihan gigi yang tidak sempurna. Sisa makanan yang tersisa akan menyebabkan timbulnya plak.

Plak pada gigi jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan munculnya karang gigi yang berpotensi membuat penyakit gigi dan gusi. Maka dari itu kamu harus pasang behel gigi untuk menghindari terjadinya penumpukan plak pada gigi.

Percaya diri meningkat

Nah ini hal yang sekarang lagi tren, pasang behel supaya lebih percaya diri. Kamu pasti bakalan lebih percaya diri lagi berkat gigi yang tersusun sempurna. Senyum semakin maksimal gak malu-malu lagi pastinya.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *