Mengenal Jenis Crown Gigi Serta Manfaatnya

Crown gigi adalah prosedur pemasangan gigi tiruan diatas gigi yang telah rusak. Pemasangan crown gigi bertujuan untuk mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan, memperindah penampilan, serta melindungi gigi dari kerusakan gigi. Proses crown gigi dilakukan dengan cara menutup bagian gigi lama yang telah rusak atau patah dengan gigi palsu.

Crown gigi dibuat sesuai dengan bentuk gigi asli, dengan cara dicetak. Bagian jaringan gusi serta sekitar gigi akan dilakukan anastesi atau pembiusan terlebih dahulu.

Dari cetakan crown gigi yang dibuat akan selesai sekitar 2-3 minggu setelahnya. Untuk melindungi gigi, dokter akan memberikan crown gigi sementara.

Setelah cetakan crown gigi asli siap, langkah selanjutnya adalah pemasangan crown gigi asli. Dokter akan mencopot crown gigi sementara, dan mencocokan crown gigi permanen dengan kondisi gigi.

Jika sudah cocok maka akan dilakukan anastesi ulang serta melakukan pemasangan crown gigi permanen.

Jenis Crown Gigi

Mengenal-Jenis-Crown-Gigi-Serta-Manfaatnya
Jenis Crown Gigi

Jenis crown gigi dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Ada beberapa jenis yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu pastinya.

1. Resin

Crown gigi atau mahkota tiruan dengan bahan pembuatan resin lebih murah dari jenis lainnya. Crown gigi dengan bahan resin akan lebih mudah rusak, dan juga rentan patah jika dibanding crown gigi lainnya.

2. Porselen

Crown gigi dengan bahan porselen bisa kamu gunakan jika, kamu ingin warna yang sama seperti warna gigi aslinya. Bahan crown gigi porselen sangat mirip dengan warna gigi aslinya, tetapi jenis ini bisa pecah atau patah.

Bahan porselen jika dibandingkan dengan bahan keramik akan mudah pecah. Jenis crown gigi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil percaya walaupun pakai crown gigi. Hal itu karena warna crown gigi yang sama dengan gigi aslinya.

3. Logam

Crown gigi dari bahan dasar logam akan lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan dasar lainnya. Crown denga bahan logam merupakan pilihan terbaik untuk gigi geraham.

Crown dari bahan logam ada dua macam yaitu, logam utuh serta logam campuran. Crown berbahan logam utuh lebih tipis dari crown bahan logam campuran.

Manfaat Crown Gigi

Mengenal-Jenis-Crown-Gigi-Serta-Manfaatnya
Gigi Tampak Lebih Terawat

Crown gigi dipasang bukan hanya sekedar pasang saja, tetapi banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat setelah menggunakan crown gigi. Berikut manfaat dari crown gigi:

1. Memperindah tampilan gigi

Kamu punya gigi dengan bentuk tidak normal? Kamu bisa menggunakan crown gigi untuk mengatasinya. Gigi yang berubah warna ataupun gigi yang patah bisa diatasi dengan menggunakan crown gigi. Crown gigi akan menggantikan gigi yang patah.

2. Menggantikan tambalan gigi

Bila gigi telah rusak dari 50% tambalan gigi yang biasa tidak akan mampu menahan beban kunyah. Maka diperlukan yang namanya crown gigi. Crown akan memperbaiki fungsi utama gigi yaitu untuk mengunyah makanan.

3. Mengurangi rasa ngilu

Pada bagian gigi berlubang akan timbul rasa ngilu, pemasangan crown akan mengurangi rasa ngilu tersebut. Crown akan menutupi bagian gigi yang bolong dengan sempurna, dan akan mengurangi rasa ngilu yang biasa terjadi pada gigi berlubang.

Baca juga: Apa itu crown dan bridges

4. Gigi jadi lebih terawatt

Pemasangan crown untuk mencegah gigi rusak lebih parah. Crown akan melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah, oleh sebab itu crown sangat diperlukan untuk kamu yang memiliki gigi rusak.

Jangan tunggu sampai keadaan makin parah baru kamu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers.Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke klinik gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *