Kamu Suka Makan Cokelat? Awas Bikin Karang Gigi Kamu Menumpuk!

Siapa yang suka makan cokelat? Cokelat adalah makanan yang dikagumi banyak orang. Meskipun begitu ada juga yang tidak terlalu suka dengan makanan ini, namun pasti jumlah orang seperti itu sangat sedikit. Nah, beberapa orang juga ada yang berpendapat kalau cokelat ini kurang baik bagi kesehatan gigi, bahkan ada juga yang bilang kalau cokelat bisa menyebabkan lubang pada gigi sampai menyebabkan karang gigi.

Sebelum mengetahui apa saja hal positif dan negatif dari cokelat ini, mari kita menelusuri lebih jauh bagaimana awal mula cokelat ini masuk ke Indonesia.

Pada tahun 1880, tepatnya pada zaman Belanda, orang eropa membawa cokelat masuk ke Indonesia. Belanda membawa bibit kakao jenis Forastero dari Venezuela dan menanamnya di Indonesia.

Berkat perkembangan kakao yang cukup pesat, membuat Belanda membentuk Asosiasi Perkebunan dan lembaga penelitian. Di mana tugas mereka adalah untuk membudidayakan tanaman kakao, meneliti, dan menyelesaikan segala permasalahan yang berkaitan dengan kakao.

Setelah beberapa kali penelitian,akhirnya didapatkan tanaman kakao Djati Roenggo (DR), dan DR pun dapat diterima baik di Indonesia maupun di eropa.

Seperti yang dikutip dari travel.kompas.com, sampai akhir Agustus 2017, cokelat merupakan camilan favorite di Indonesia setelah keripik kentang dan biskut. Bisa terbayangkan kalau di Indonesia ini banyak sekali pencinta cokelat.

Indonesia merupakan salah satu pencinta cokelat.

Nah, bagi kamu yang suka makan cokelat, kamu pernah sering dengar stigma beberapa orang yang mengatakan bahwa cokelat menjadi penyebab kerusakan gigi pada anak, seperti menyebabkan gigi berlubang dan sampai menyebabkan karang gigi.

Seperti yang telah dikutip dari dream.co.id, kita tak perlu takut makan cokelat. Pasalnya cokelat yang murni justru bagus bagi kesehatan gigi. Karena biji kakao memiliki antibakteri yang bisa menurunkan kadar gula pada cokelat itu sendiri. Selain itu ada juga cokelat yang mengandung fluoride dan theobromine yang bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi.

Tapi kamu enggak boleh salah pilih! Karena cokelat yang baik bagi tubuh adalah cokelat murni atau cokelat yang berwarna hitam (dark chocolate). Cokelat dengan jenis ini bermanfaat bagi kesehatan gigi. Karena dark chocolate mengandung sedikit gula, tidak seperti milk chocolate. Dark chocolate ini juga mengandung theobromine yang bisa menguatkan enamel gigi.

Meskipun begitu, kamu juga harus memperhatikan jenis cokelat yang lain. Jenis cokelat yang biasa dimakan saat ini adalah cokelat yang sudah ditambahkan gula, seperti milk chocolate. Jika memakan cokelat secara berlebihan, terutama milk chocolate ini, bisa berakibat buruk pada gigimu.

Karena milk chocolate ini adalah jenis cokelat yang paling banyak mengandung gula. Di mana kadar gula tersebut bisa mempercepat pembusukan makanan yang tersisa di sela-sela gigi, sehingga bisa menimbulkan kuman dan bakteri yang bisa menggorogoti gigi dan menyebabkan lubang pad gigi. lubang itulah yang kemudian berpotensi untuk menimbulkan karang gigi.

Elaini Tiling, seorang ahli gigi menyatakan, sebaiknya memakan cokelat setelah makanan yang berat. Kita juga tidak boleh makan sepanjang hari, karenabisa memepengaruhi mulut tidak bisa menyeimbangkan asam.

Supaya terhindar dari masalah gigi—seperti gigi berlubang, ataupun karang gigi—, ada baiknya setelah makan cokelat kamu segera berkumur agar cokelat tidak terlalu lama menempel pada gigimu. Jangan lupa untuk rajin menggosok gigi kamu.

Jika kamu sudah terlanjur memiliki lubang gigi dan karang gigi. kamu enggak perlu khawatir! Kamu bisa melakukan tambal gigi di FDC Dental Clinic. Di klinik gigi FDC kamu juga bisa membersihkan karang gigi.

So,kamu masih boleh ngemil cokelat, FDCiers!. Tapi ingat… jangan sampai pilih cokelat yang bisa memicu karang gigi mu ya!

Jangan lupa juga untuk selalu konsultasikan kesehatan gigimu di FDC Dental Clinic, karena….. konsultasinya gratis lho! Untuk info lebih lanjut, sila klik di sini.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sariawan Tanpa Harus Ke Dokter Gigi

Baca Juga : Inilah Bahayanya, Jika Kamu ‘Cuek’ Dengan Gigi Kamu!

 

Referensi :

https://news.trubus.id/post/sejarah-tanaman-kakao-cokelat-di-indonesia-bibitnya-dari-venezuela-3072

http://travel.kompas.com/read/2017/10/13/070400727/fakta-menarik-konsumsi-cokelat-bagi-orang-indonesia

https://www.dream.co.id/fresh/agar-gigi-anak-tak-rusak-karena-coklat-170811n.html

 

 

 

 

 


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *