Kapan Gigi Geraham Anak Akan Tumbuh Seluruhnya?

Gigi geraham anak akan tumbuh secara bertahap, sampai pada nanti saat usia dewasa. Gigi pada anak masih disebut gigi susu, karena akan tanggal dengan sendirinya dan akan digantikan dengan gigi permanen.

Gigi geraham yang tumbuh sulit untuk diketahui, karena letaknya yang ada bagian belakang. Berbeda dengan gigi seri yang mudah terlihat saat tumbuh karena berada dibagian depang.

Gigi susu nantinya akan mulai tumbuh satu persatu saat anak usia 6-8 bulan.

Gigi susu anak akan berjumlah 20 gigi pada saat semua gigi susu sudah tumbuh semua. Gigi susu ini nantinya akan bertahan kurang lebih sekitar 5 tahun. Setelah itu gigi susu akan tanggal satu persatu sama seperti tumbuh dulu.

Baca juga: Cara menghilangkan karang gigi

Urutan tanggalnya pun sama, gigi yang pertama tumbuh akan lebih dulu juga tanggal. Begitu seterusnya sampai gigi permanen tumbuh semua.

Gigi permanen ini akan menemani sampai anak dewasa dan tua nantinya. Dengan catatan harus dengan perawatan yang maksimal dan rutin kontrol ke dokter gigi.

Sebelum gigi susu pertama anak tumbuh, ada baiknya selalu membersihkan bagian gusi anak. Cara membersihkannya pun tak terlalu sulit, karena hanya dengan menggunakan kain yang halus. Cara ini terbukti ampuh untuk membuat gusi anak terjaga kesehatannya.

Namun perlu berhati-hati, karena gusi anak sangatlah rentan terhadap tekanan yang kecil sekalipun. Hal ini bertujuan supaya si anak nantinya akan terbiasa dengan membersihkan gigi secara teratur.

Kapan Gigi Geraham Anak Tumbuh?

Kapan Gigi Geraham Anak Akan Tumbuh Seluruhnya?

Setiap anak pasti akan berbeda saat gigi geraham pertamanya tumbuh, ada yang tepat waktu ada juga yang lebih dari waktunya. Hal ini berkaitan langsung dengan genetic si anak itu, jadi sebagai orang tua tak perlu khawatir.

Pada saat gigi anak tumbuh satu persatu, biasanya suka rewel dari biasanya. Janganlah takut karena anak terus terusan menangis. Hal itu disebabkan karena gigi yang tumbuh akan merobek gusi anak secara perlahan.

Gigi yang tumbuh dengan sempurna biasanya anak tidak akan mengalami sakit yang terlalu. Berbeda dengan kondisi gigi yang tumbuh miring, hal ini pasti akan menyebabkan rasa sakit. Jika hal ini terjadi ada baiknya kamu membawa si anak untuk periksa ke dokter gigi dengan segera.

Karena gigi yang tumbuh miring, juga akan membuat gigi lain yang akan tumbuh kesulitan nantinya. Gigi yang tumbuh miring akan membuat space untuk gigi lain menjadi sulit tumbuh. Oleh sebab itu, gigi yang tumbuh miring harus segera ditangani dengan dokter gigi.

Lalu kapan sie gigi geraham anak tumbuh seluruhnya? Gigi geraham susu anak nantinya akan tumbuh pada usia 1,5 tahun. Gigi geraham yang pertama kali tumbuh juga akan pertama kali juga tanggal nantinya.

Sedangkan untuk gigi geraham yang bagian bawah akan tumbuh pada usia 1,1 tahun. Gigi geraham bagian bawah lebih cepat dari gigi geraham bagian atas.

Gigi geraham ini merupakan gigi yang sangatlah penting, karena berfungsi untuk merobek makanan yang kita konsumsi.

Gigi geraham nantinya akan tanggal pada saat anak berusia 6 tahun, dan akan digantikan oleh gigi geraham permanen.

Jika sudah tumbuh gigi geraham permanen, maka sangatlah wajib untuk terus merawatnya dengan baik.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi si kecil sejak dini ya FDCiers.

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Kepoin Websitnyanya juga untuk info promo lainnya.

Lagi ada promo baru loh FDCiers, buruan liat Websitenya sebelum ketinggalan. Promo Terbatas!!


Posted

in

by

Comments

Satu tanggapan untuk “Kapan Gigi Geraham Anak Akan Tumbuh Seluruhnya?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *