Penyebab Karang Gigi Menumpuk Serta Cara Tepat Mencegahnya

Penyebab karang gigi menumpuk adalah sisa makanan yang masih menempel di gigi kamu. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan akan menyebabkan karang gigi mudah timbul.

Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tersebut mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

Karang gigi pun juga menyebabkan banyak penyakit gigi lainnya yang bahkan berbahaya. Karang gigi atau sering sering disebut kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi.

Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi.

Karang gigi memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket, hal ini akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi.

karang gigi akan membuat kamu tidak percaya diri atau pede. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning.

Akan menjadi masalah serius jika saat berbicara dengan orang lain kamu harus menutup mulut kamu atau membuat orang lain merasa tidak nyaman karena bau mulut kamu.

Penyebab Karang Gigi Menumpuk

Penyebab Karang Gigi Menumpuk Serta Cara Tepat Mencegahnya

Bau mulut

Walaupun kedengenarannya sepele namun hal ini sangat mengganggu pastinya. Mungkin kamu merasa gak terganggu, namun orang lain pasti bakalan terganggu banget karena bau mulut kamu.

Bayangkan kamu lagi jalan sama orang yang disuka, tapi si doi tiba-tiba ilfil sama kamu karena bau mulut, enggak banget kan? Maka dari itu kamu perlu banget untuk membasmi karang gigi.

Gigi berlubang

Karang gigi yang tidak segera ditangani akan membuat gigi kamu berlubang. Hal ini disebabkan karang gigi mengeluarkan zat asam yang merusak gigi.

Padahal email gigi merupakan bagian terkeras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi. Setelah gigi makin keropos, gigi kemudian akan mudah untuk berlubang.

Periodontitis

Ketika radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Dalam fase ini, gigi bahkan bisa tanggal.

Tidak sampai di situ saja, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke aliran darah akan menyebabkan hal yang lebih serius lagi.

Itu tadi penyebab karang gigi yang menumpuk, dan tidak segera dibersihkan akan timbul hal-hal diatas.

Cara Mencegah Karang Gigi

Penyebab Karang Gigi Menumpuk Serta Cara Tepat Mencegahnya

Menggosok gigi

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya karang gigi adalah menggosok gigi. Kamu bisa melakukannya setiap hari dan dengan biaya yang murah.

Menggosok gigi setiap dua kali sehari akan mencegah timbulnya plak pada gigi. Sebelum terbentuknya karang gigi akan munculnya yang namanya plak.

Saat plak timbul dan kamu tidak segera membersihkannya maka akan timbul karang gigi.

Menggunakan cairan obat kumur

Selain menyikat gigi dengan teratur, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mencegah karang gigi adalah menggunakan cairan obat kumur. Cairan ini sudah banyak sekali dipasaran, kamu bisa menemukannya dengan mudah. Pilihlah cairan obat kumur yang bisa mencegah timbulnya plak pada gigi.

Scalling

Jika karang gigi di gigi kamu sudah masuk dalam kategori yang sulit untuk dibersihkan maka kamu bisa melakukan scalling. Hal ini merupakan cara tercepat untuk mencegah karang gigi timbul. Kamu bisa melakukannya di dokter gigi, di klinik FDC Dental Clinic kamu pasti bisa scaling tanpa biaya yang mahal.

Scalling di FDC Dental Clinic pasti kamu suka, dokter dan tempat di Klinik FDC sangat nyaman untuk melakukan perawatan gigi.

Baca juga: Tips menghindari gigi berlubang

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *