Hal Buruk yang Dapat Menyebabkan Karang Gigi Semakin Parah

Karang Gigi Semakin Parah – Karang gigi terbentuk dari plak dan zat kapur yang ada dalam air liur. Penyebab utama dari karang gigi adalah plak di gigi.

Plak disebabkan oleh bakteri dan sisa makanan di mulut kamu yang tidak segera dibersihkan. Penyebab utama karang gigi adalah kebersihan gigi yang kurang sehat.

Karang gigi yang menumpuk dapat membuat aktivitas menyikat gigi dan membersihkan gigi menjadi kurang efektif.

Karang gigi yang berkembang di atas dan di bawah garis gusi ini dapat menyebabkan masalah serius. Pasalnya, bakteri pada plak gigi akan turut mengiritasi dan merusak gigi dan gusi.

Baca juga: Penyebab timbulnya sariawan

Seiring waktu, peradangan ini bisa menyebabkan penyakit gusi progresif, yang bisa berakibat serius jika tidak diobati. Bentuk paling ringan dari penyakit gusi disebut gingivitis.

Ini adalah tahap awal peradangan gusi yang disebabkan oleh adanya plak dan karang gigi.

Karang gigi yang tidak lekas dibersihkan dan radang gusi yang tidak lekas diobati dapat berkembang menjadi bentuk penyakit gusi yang lebih serius, seperti periodontitis. 

Periodontitisadalah kondisi di mana terbentuknya kantung di antara gusi dan gigi karena proses infeksi. Kantung itu terinfeksi oleh bakteri di bawah gusi.

Hal ini dapat merusak tulang dan jaringan lain yang menahan gigi pada tempatnya. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan tanggalnya gigi dan degradasi tulang.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri pada penyakit gusi dapat menyebabkan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

Penyebab Karang Gigi

Hal-Buruk-yang-Dapat-Menyebabkan-Karang-Gigi-Semakin-Parah

Plak merupakan asal muasal terciptanya karang gigi pada mulut kita. Karang gigi merupakan salah satu ciri bahwa kesehatan mulut kita kurang begitu terjaga.

Salah satu penyebab yang memicu timbulnya karang gigi adalah jarang menyikat gigi sesudah makan.

Sisa makanan yang dicerna oleh mulut apabila tidak segera dibersihkan akan bercampur bersama kuman-kuman yang berada di mulut. Ketika kuman dan sisa makanan telah bergabung, terbentuklah plak di mulut.

Jika plak belum mengeras maka masih mungkin untuk dibersihkan dan tidak menjadi karang gigi. Namun, jika plak telah mengeras dan menjadi karang gigi, akan sangat sulit untuk dihilangkan hanya dengan menggosok gigi.

Terkadang usaha membersihkan karang gigi tanpa bantuan kedokteran bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Ketika kerak di gigi berusaha kita hilangkan dengan sikat gigi terus menerus, justru gusi kita akan berdarah karena kerak telah berbentuk seperti kerikil-kerikil di gigi.

Menyikat gigi dengan cara yang salah juga bisa menyebabkan karang gigi. Seseorang yang rajin menyikat gigi bukan berarti bebas dari ancaman karang gigi.

Jika menyikat gigi dilakukan dengan cara yang salah, sisa-sisa makanan di mulut tidak dapat bersih secara sempurna. Masih ada sedikit sisa makanan di sela-sela gigi akibat cara menyikat gigi tidak sempurna.

Sisa makanan tersebut selanjutnya menjadi salah satu faktor penyebab karang gigi.

Baca juga: Cara sederhana membasmi karang gigi

Makanan juga bisa menjadi salah satu faktor munculnya karang gigi. Makanan dengan kandungan gula dan tepung yang tinggi akan memicu timbulnya plak lebih cepat di gigi. Selain itu, konsumsi teh, kopi, juga merokok bisa menimbulkan plak yang berujung pada karang gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya

Comments

2 tanggapan untuk “Hal Buruk yang Dapat Menyebabkan Karang Gigi Semakin Parah”

  1. […] Baca juga: Bahaya dari karang gigi yang perlu kamu ketahui […]

  2. […] Baca juga: Bahaya dari karang gigi yang perlu kamu ketahui […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *