Kenali Apa itu Early Childhood Caries (Karies Gigi) pada Gigi Anak?

Early Childhood Caries (ECC) adalah bentuk spesifik dari karies gigi parah yang mempengaruhi bayi dan anak-anak.

Istilah ini menggantikan istilah karies botol atau nursing karies yang digunakan sebelumnya untuk menjelaskan suatu bentuk karies rampan pada gigi sulung yang disebabkan oleh penggunaan susu botol atau cairan lain termasuk karbohidrat dalam jangka waktu yang panjang.

ECC adalah karies gigi khusus yang terjadi pada gigi sulung bayi dan anak, faktor penyebabnya sama dengan jenis karies lain tetapi dapat berbeda pada beberapa aspek penting.

ECC sangat kompleks dan dipengaruhi oleh mineralisasi gigi sulung, ASI atau susu botol (dot tersebut terletak pada permukaan palatum dari gigi anterior atas) lebih dari 8 jam, makanan atau minuman yang mengandung gula, seringnya mengkonsumsi makanan dan minuman kariogenik diantara jam makan, kebiasaan buruk dan oral higiene yang buruk memicu terjadinya kolonisasi awal mikroorganisme asidogenik dan perkembangan plak.

Baca Juga : Inilah Penyebab Karies Gigi dan Cara Mengatasinya! – Drg. Anjasari Evanata

ECC adalah penyakit yang berkembang dengan cepat dan biasanya terjadi  segera setelah gigi erupsi, dengan gambaran klinis yang terdiri dari empat tahap yaitu :

1. Tahap inisial terjadi pada anak usia antara 10-20 bulan atau lebih muda.

Pada tahap ini lesi masih dapat dikembalikan pada kondisi semula, tetapi sering tidak diketahui oleh orang tua karena anak tidak mengeluh. Jika tidak dirawat, area putih tersebut akan berubah dengan cepat menjadi kavitas kuning-coklat atau masuk tahap.

Kenali Apa itu Early Childhood Caries(Karies Gigi) pada Gigi Anak?
Perubahan Gigi Anak

2. Terjadi ketika anak berusia 16-24 bulan.

Pada tahap ini anak mulai mengeluh dan sensitif terhadap rasa dingin, orang tua mulai peduli dengan perubahan warna gigi anaknya.

Kenali Apa itu Early Childhood Caries(Karies Gigi) pada Gigi Anak?
Gigi Anak Mulai Sensitif Terhadap Rasa Dingin

3.Terjadi ketika anak berusia 20-36 bulan.

Anak mengeluh sakit ketika mengunyah dan menyikat gigi, serta sakit spontan sepanjang malam.

4.Terjadi ketika anak berusia antara 30-48 bulan.

Beberapa anak menderita tapi tidak dapat mengekspresikan rasa sakitnya, mereka juga susah tidur dan menolak untuk makan.

Kenali Apa itu Early Childhood Caries(Karies Gigi) pada Gigi Anak?
Keusakan Gigi Anak

Nah berikut adalah cara pencegahan ECC:

1. Instruksi kebersihan mulut

Orang tua seharusnya mulai membersihkan gigi anak segera setelah gigi erupsi. Sehabis makan seharusnya gigi dan gusi anak dibersihkan agar tidak terjadi penumpukan plak. Orang tua juga harus mengajari anak untuk menyikat gigi. Selain itu dapat juga menggunakan dental floss. Metode lain untuk membersihkan plak dengan memberikan obat kumur.

Kenali Apa itu Early Childhood Caries(Karies Gigi) pada Gigi Anak?
Orang Tua Wajib Mengajari Anak Sikat Gigi Sejak Dini

2. Diet

Semakin sering mengkonsumsi sukrosa maka akan mempertinggi pertumbuhan S.mutans. Oleh karena itu, jangan berikan kepada anak minuman didalam botol dengan komposisi utamanya adalah gula, jangan biarkan anak tidur dengan botol yang mengandung larutan selain air, dan batasi konsumsi minuman manis pada anak jangan lebih dari 6 kali sehari.

3. Fluor

Pemberian fluor yang teratur secraa sistemik maupun lokal merupakan hal yang penting diperhatikan dalam mengurangi terjadinya karies. Ini terjadi karena fluor dapat meningkatkan remineralisasi.

Kenali Apa itu Early Childhood Caries(Karies Gigi) pada Gigi Anak?

fluor dapat meningkatkan remineralisasi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :

Ssstt … Ini Dia Cara Terbaik untuk Mencegah Karang Gigi

Sumber Referensi:

  • Pinkham JS, Casamassimo PS, Fields HW, et al. Pediatric Dentistry. 4th edition. St. Louis : Elsevier Saunders; 2005:204.
  • Mazhari F, Talebi M, Zoghi M. Prevalence of early childhood caries and its risk factors in 6-60 months old children in Quchan. J Dent Res 2007; 4(2):96-100.
  • Mahesh R, Muthu MS, Rodrigues JL. Risk factors for early childhood caries: a case-control sstudy. Eur Arch Padiatr Dent 2013; 14:331-337.
  • Octiara E, Tamba EA. Hubungan ekonomi keluarga dan pendidikan ibu dengan Early Childhood Caries (ECC) anak usia 12-36 bulan di kecamatan Medan Denai. Dentika Dental Journal 2012; 17:78-82.
  • McDonald RE, Avery DR, Dean JA. Dentristry for the child and adolescent. St. Louis : Mosby; 2004:209-10.
  • Astria I. Early Childhood Caries (ECC). Departemen Pedodonsia [Skripsi]. Medan : Universitas Sumatra Utara; 2009.
  • Cameron AC, Widmer RP. Handbook of Pediatric Dentistry. 3rd edition. St. Louis : Mosby; 2008:49.
  • Douglass JM, Douglass AB, Silk HJ. A practical guide to infant oral health. Am Fam Phycisians 2004;70:1-3.
  • Msefer S. importence of early diagnosis of early childhood caries. JODQ-Suplemen April 2006; 6-8.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *