Yuk Jaga Kesehatan Gigi Anak Sedini Mungkin

Menjaga kesehatan gigi sejak dini sangat penting dilakukan karena dapat berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Anak yang giginyaberlubang dan sakit dapat kehilangan nafsu makan sehingga mempengaruhi asupan gizi yang dibutuhkan di usia terbaik dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kebiasaan membersihkan gigi dan rongga mulut dapat dimulai sejakdini, dari sejak minum ASI. Pembersihan dilakukan dengan kasa steril yang dililitkan pada jari telunjuk ibu atau kapas pembersih dicampur dengan air hangat.

Bagian yang dibersihkan adalah rongga mulut dan bibir. Jika sudah muncul gigi susu, maka gunakan alat yang samauntuk membersihkan gigi anak agar kesehatan gigi anak tetap terjaga.

Selain itu sesudah minum susu pada malam hari untuk bayi di atas usia 6 bulan dapat diberi minum air putih untuk mengurangi kadar asam yang dapat melarutkan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar! – Drg. Indah Desvina

Gigi Susu Anak Mulai Tumbuh

Saat gigi susu anak sudah mulai muncul, dapat menggunakan sikat gigi kecil lembut yang diletakan di telunjuk atau ibu jari orangtuanya untuk menyikat gigi sehabis makan dan malam sebelum tidur.

Yuk Jaga Kesehatan Gigi Anak Sedini Mungkin
Sikat Gigi Kecil Untuk Bayi

Jika anak sudah lebih besar dan 4 gigi pertama dan gerahamnya sudah tumbuh, anak dapat mulai diajarkan menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi kecil dengan bulu sikat yang lembut.

Yuk Jaga Kesehatan Gigi Anak Sedini Mungkin
Ajari Anak Sikat Gigi Sejak Dini

Sebelumnya ada baiknya orang tua berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi apakah anak mendapatkan asupan fluoride yang cukup. Kunjungan ke dokter gigi dapat dimulai sejak usia 6 bulan atau setahun.

Ajak Anak Menjaga Kesehatan Gigi Sedini Mungkin

Mengenalkan anak ke dokter gigi sejak dini sangat penting agar anakterbiasa dan tidak takut untuk ke dokter gigi nantinya, karena pencegahan kerusakan gigi saat dewasa sangat dipengaruhi oleh periode tumbuh kembang dan pergantian dari gigi susu menjadi gigi dewasa atau permanen.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :

Hari Gini Masih Takut Pergi ke Dokter Gigi? – Drg. Monika Werdiningsih

Sumber Referensi:

  • Do Early Dental Visits Reduce Treatment and Treatment Costs for Children?Authors: Nowak, Arthur J.1; Casamassimo, Paul S.2; Scott, JoAnna3; Moulton, Richard4
  • Kowash, M. B., Pinfield, A., Smith, J., & Curzon, M. E. J. (2000). Dental health education: effectiveness on oral health of a long-term health education programme for mothers with young children. British dental journal188(4), 201.
  • Löe, H. (2000). Oral hygiene in the prevention of caries and periodontal disease. International dental journal50(3), 129-139.

Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *