Kesehatan Gigi dan Mulut Salah Satu Indikator Kesehatan Tubuh

Kondisi kesehatan gigi dan mulut erat kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia.

Direktur UAB Dentistry Wellness Clinic yang bernama Nico Geurs, DDS.

Menyatakan bahwa kesehatan gigi dan mulut mencerminkan status kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dr. Dicky Levenus Tahapary, Sp PD, PhD yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo juga mengatakan bahwa salah satu indikator dalam mengidentifikasi kesehatan tubuh adalah kesehatan gigi dan mulut.

Kesehatan Gigi dan Mulut Menjadi Salah Satu Indikator Kesehatan Tubuh
                            Kesehatan Gigi dan Mulut

Dalam acara memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2018 yang diselenggarakan oleh kerjasama Pepsodent dengan PDGI yang dilaksanakan di SD Negeri 01 Pagi Tebet Jakarta Selatan pada tanggal 20 Maret 2018, “Beberapa kasus yang sering dijumpai.”

Seperti gusi berdarah dan gigi yang tanggal dalam jumlah banyak memiliki korelasi dengan kesehatan tubuh dan penyakit sistemik seperti diabetes mellitus, kerusakan ginjal, penyakit jantung dan pernafasan.

Beberapa masalah kesehatan lainnya yang juga dapat dilihat dari kondisi gigi dan mulut antara lain adalah penyakit Crohn dan asam lambung (GERD).

Dr. Dicky

Menjelaskan lebih lanjut bahwa kerusakan pada ginjal dapat menurunkan kualitas dari tulang, termasuk rahang. Hal ini dapat mempengaruhi terjadinya infeksi gigi, periodontitis sampai terjadinya tanggal gigi secara prematur.

Perubahan yang terjadi pada tulang juga dapat disebabkan karena tubuh tidak dapat menyerap kalsium dengan baik. Selain itu, pada penderita kerusakan ginjal juga akan mengalami gangguan pada indera perasanya sehingga dapat menimbulkan bau nafas yang tidak sedap.

Oleh karena itu penderita kerusakan ginjal berisiko kehilangan kepadatan tulang pada rahang yang menyebabkan gigi menjadi longgar dan kemudian tanggal.

American Diabetes Association

Penderita diabetes berisiko lebih tinggi untuk mengalami radang gusi, penyakit gusi (gingivitis), dan periodontitis (infeksi gusi parah yang disertai dengan terjadinya kerusakan tulang).

Diabetes juga dapat menyebabkan penderita mudah mengalami sariawan, bau mulut, gigi mudah copot, hingga kondisi mulut kering. Ketika pasien memiliki diabetes yang tidak terkontrol.

Maka bukan hanya glukosa yang ada di dalam darah saja yang meningkat, tetapi glukosa pada air liur juga mengalami peningkatan sehingga menyebabkan bakteri semakin mudah tumbuh di dalam rongga mulut.

Fungsi Gigi dan Mulut

Berdasarkan hal tersebut, menurut Dr Dicky fungsi gigi dan mulut tidak dapat dipisahkan dengan kondisi tubuh secara keseluruhan. Sebab dapat memberikan tanda adanya penyakit pada bagian lain dari tubuh.

Meskipun demikian menurut drg. Hananto Seno selaku Ketua Pengurus Besar PDGI menilai bahwa kenyataannya saat ini pengetahuan dan kesadaran masyarakat sangat minim dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kesadaran pentingnya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, masih kurang sehingga masyarakat masih lebih memberikan perhatian pada kesehatan tubuh lainnya.

Oleh karena itu, beliau berharap agar dokter gigi mampu berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut serta mampu mengatasi masalah gigi berlubang.

Contoh

Sebagai contoh dengan mengajak masyarakat untuk menyikat gigi dua kali sehari saat setelah makan pagi dan sebelum tidur, kurangi konsumsi makanan dan minuman manis serta mengajak untuk secara rutin periksa gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Dengan mengecek secara rutin kondisi mulut dan gigi, dokter gigi dapat memberi tahu bahwa masalah gigi yang terjadi bisa jadi pertanda suatu penyakit lain dalam tubuh yang lebih serius.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Sumber Referensi:

  • http://www.jurnas.com/artikel/30888/Gigi-dan-Mulut-Cerminan-Kesehatan-Tubuh/
  • http://lifestyle.bisnis.com/read/20180320/106/752240/kondisi-gigi-dan-mulut-tpunya-hubungan-dengan-penyakit-dalam
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/kesehatan-gigi-dan-mulut/

Posted

in

, ,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *