Kesehatan Gigi Ibu Hamil Harus Diperhatikan?

Apakah kesehatan gigi ibu hamil perlu diperhatikan? Tentu saja jawabannya “ya”, Kesehatan gigi sangatlah penting untuk dijaga, termasuk untuk seorang wanita yang sedang mengandung. Jika malas menjaganya, yang paling mungkin yaitu karang gigi akan menumpuk dan itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta mengganggu masalah kesehatan gigi.

Merawat kesahatan gigi sangatlah mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Hanya rasa malas terkadang muncul dan menjadi musuh utama untuk menjaga kesehatan gigi. Menggosok gigi setiap dua kali sehari, sangatlah perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengangkat sisa makanan yang menempel di sela gigi.

Sisa makanan yang dibiarkan, lama kelamaan akan menumpuk menjadi sarang bakteri. Dari sinilah awal mulanya kemunculan berbagai macam penyakit. Mulai dari gigi berlubang, sampai dengan penyakit gusi yang sangatlah berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.

Kesehatan gigi merupakan cerminan dari kesehatan seluruh tubuh, mungkin ini sangatlah tepat. Karena gigi yang tidak sehat, akan berpengaruh besar pada kondisi kesehatan badan. Perawatan gigi yang baik akan membuat kondisi ibu hamil dan janinnya terjaga dengan baik.

Namun apakah sudah cukup hanya dengan menggosok gigi? Perawatan gigi sangatlah banyak. Menggosok gigi hanyalah salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan gigi. Ada beberapa perawatan yang harus kamu lakukan untuk membuat gigi tetap sehat.

Perawatan Kesehatan Gigi

Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Inilah beberapa perawatan gigi yang bisa kamu lakukan untuk membuat gigi kamu tetap sehat.

Periksa gigi rutin

Ibu hamil sangat wajib untuk memeriksakan kesehatan gigi secara rutin ke dokter gigi. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit berbahaya timbul pada saat sedang hamil. Penyakit pada gigi sangatlah berbahaya bagi kandungan ibu hamil.

Periksa gigi rutin ini bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali di Klinik Gigi FDC Dental Clinic. Dengan bantuan dokter gigi, bisa dengan mudah dilakukan pengecekan dan juga pencegahan penyakit gigi.

Dokter gigi akan memeriksa gigi secara keseluruhan, dan akan diketahui apakah ada masalah pada gigi atau tidak.

Menggosok gigi

Menggosok gigi haruslah selalu dilakukan setiap hari, gosok gigi merupakan cara paling mudah dan murah untuk menjaga kesehatan gigi.

Gunakanlah sikat gigi yang berbulu sikat halus, saat kamu menggosok gigi. Selain sikat berbulu halus, kamu juga harus gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

Baca juga: Buah untuk menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting untuk dilakukan oleh siapa pun. Untuk ibu hamil menjaga kesehatan gigi sangatlah penting karena ada janin yang juga harus dijaga kesehatannya. Ibu yang sehat, juga akan berpengaruh pada kesehatan bayi yang sedang dikandungnya.

Gangguan pada gigi maupun mulut sangatlah berbahaya, hal ini nantinya berpengaruh pada asupan makanan ibu hamil. Ibu hamil sangat membutuhkan asupan makanan yang bergizi selama kehamilannya.

Bila kondisi gigi dan mulutnya terganggu, maka akan berpengaruh besar pada asupan makanan si ibu nantinya. Gigi yang ompong, akan sangat membuat makan menjadi tidak nyaman.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *