Tips Tepat Menjaga Kesehatan Gigi Untuk Ibu Hamil

Kesehatan gigi ibu hamil itu sangat penting untuk dijaga, perawaatan gigi yang benar akan berpengaruh kepada kesehatan ibu dan bayi.

Ibu hamil lebih mudah untuk terserang penyakit gigi dan mulut, hal ini karena hormon progesterone meningkat 10 kali dari wanita yang tidak hamil.

Penyakit gigi yang sering timbul karena hal ini adalah gigi berlubang dan juga gingivitis. Penyakit gingivitis atau yang lebih sering dikenal dengan peradangan pada gusi disebabkan oleh bakteri.

Selain bakteri yang timbul lebih banyak karena meningkatnya hormon progesterone. Ibu hamil juga memiliki pH air liur yang lebih asam dari biasanya, hal ini akan menyebab bakteri penyebab gigi berlubang semakin cepat berkembang biak.

Ibu hamil sebaiknya menghindari perawatan gigi yang dapat mengganggu kesehatan janin. Namun harus tetap menjaga kesehatan gigi setiap hari, dan juga konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Tips Menjaga Kesehatana Gigi

Ada beberapa cara yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi untuk ibu hamil, yaitu sebagai berikut.

Konsumsi makanan berkalsium

Ibu hamil wajib mengonsumsi makanan yang sehat pastinya. Makanan yang sehat itu salah satunya yang mengandung kalsium. Makanan yang mengandung kalsium didalamnya akan dapat menguatkan gigi.

Contoh makanan yang mengandung kalsium adalah, keju, susu, yoghurt, dan juga telur. Makanan tersebut sangat mudah didapat dan diolah pun bisa menjadi berbagai jenis makanan.

Oleh sebab itu ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang berkalsium untuk menjaga kesehatan gigi.

Baca juga: Makanan untuk menjaga kesehatan gigi

Gunakan pasta gigi yang tepat

Tips-Tepat-Menjaga-Kesehatan-Gigi-Untuk-Ibu-Hamil
Pilihlah Pasta Gigi Yang Tepat

Penggunaan pasta gigi pada ibu hamil tidaklah boleh sembarangan. Akibat dari berkembangnya hormone esterogen dan juga hormone progesteron akan menyebabkan gusi rentan terkena bakteri.

Untuk menghindari hal itu terjadi kamu bisa mencegahnya dengan menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi kamu. selain itu kamu juga diwajibkan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus.

Gunakan benang gigi

Benang gigi sangat ampuh untuk mengangkat sisa makanan yang tak terjangakau oleh sikat gigi. Kamu bisa menggunakannya sebelum memulai sikat gigi.

Gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang sempurna. Flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi bisa mengurangi resiko dari timbulnya penyakit gingivitis.

Hindari makanan manis

Makanan yang manis akan berdampak pada timbulnya gigi berlubang, oleh sebab itu untuk ibu hamil sebaiknya mengurangi mengonsumsi makanan ataupun minuman yang memiliki rasa manis berlebih. Ada baiknya dalam masa periode kehamilan untuk menguranginya dulu.

Konsultasi dengan dokter gigi

Tips-Tepat-Menjaga-Kesehatan-Gigi-Untuk-Ibu-Hamil
Lakukan Konsultasi Dengan Dokter Gigi

Hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang sebenarnya, namun untuk ibu hamil sebaiknya selalu konsultasi ke dokter gigi jika mengalami keadaan yang tak biasa pada rongga mulut.

Dokter merekomendasikan untuk memeriksakan kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali. hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit yang lebih parah.

Jika kamu rutin periksa gigi maka akan terdeteksi sejak dini masalah yang timbul pada gigi dan mulut kamu.

Itulah tadi tips menjaga kesehatan gigi untuk ibu hamil, semoga bermanfaat.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *