Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Kesehatan Gigi

Siapa sih yang gak mau punya senyum yang indah dan menawan.

Setiap orang pasti akan selalu memimpikan hal tersebut karena hal tersebut sangat menunjang dalam berpenampilan. Nah ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang bagus lhoo untuk kesehatan gigi dan gusi.

Ada beberapa makanan dan minuman nih yang bagus untuk kesehatan gigi dan gusi kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

Buah Strawberry

Buah nikmat yang satu ini sudah terbukti secara medis baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Penyebabnya tidak lain karena dalam strawberry terkandung vitamin C yang berguna untuk merangsang produksi kolagen pada gusi. Semakin banyak kolagen yang diproduksi, maka semakin kuat pula gusi.

Akibatnya, Anda akan terhindar dari risiko gigi copot di usia muda. Hebat, bukan? Selain itu buah ini juga mengandung asam malat. Asam malat ini dapat mengkikis dan menghilangkan noda di permukaan gigi, serta dapat membuat gigi lebih putih.

Buah Kiwi

Penyebab gigi sakit dan ngilu salah satunya adalah karena kurang buah-buahan atau asupan vitamin dan nutrisi serta kalsium pada gigi, maka gigi merasakan ngilu dan sakit.

Namun akan beda halnya jika mengkonsumsi buah kiwi secara rutin, karena buah kiwi memiliki manfaat untuk menjaga dan memperkuat gigi untuk melaksanakan fungsinya seperti menghancurkan makanan yang akan dicerna nantinya.

Buah Apel

Apel tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat, diantaranya manfaat apel adalah dapat memberikan kesehatan pada gigi dan gusi sehingga gigi dan gusi akan tetap terjaga. Kandungan vitamin A yang banyak pada apel ini akan membantu untuk perkembangan pada gigi, sehingga tumbuh gigi akan lebih cepat terutama pada bayi.

Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Kesehatan Gigi
Buah Apel Mengandung Vitamin A Yang Baik Untuk Gigi

Baca Juga : Apa Sih Efek Buruk Merokok untuk Kesehatan Gigi dan Mulut? – Drg. Rebecca Octavina

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat catechins yang bisa melawan peradangan dan infeksi bakteri. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan orang yang rutin mengonsumsi teh hijau punya risiko rendah terserang periodontitis. Penelitian lain di Jepang menyatakan jika pria atau wanita minum teh hijau satu sampai dua cangkir sehari bisa mengurangi resiko kehilangan gigi.

  • Kacang-kacangan

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesehatan pada gigi dan gusi. Kacang-kacangan biasanya banyak mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang dan gigi sehingga baik untuk dijadikan salah satu makanan faforit bagi pecinta gigi bersih dan sehat. Dengan mengkonsumsi fosfor secara cukup gigi akan lebih kuat dan akan lebih bagus lagi.

  • Keju

Kalisum pada keju tidak kalah banyak dari pada susu, pada dasarnya susu memiliki kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, begitu pula dengan keju, meskipun sebagian orang ada yang tidak menyukai keju, maka dapat beralih pada susu untuk dijadikan makanan atau minuman penambah kekuatan untuk gigi agar gigi dapat bertahan sampai tua.

Susu

Bersama dengan air, susu adalah minuman terbaik untuk gigi anda. Susu kaya akan kalsium dan zat penting lainnya. Susu juga rendah tingkat asam didalam mulut yang akan membantu melawan kerusakan gigi.

Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Kesehatan Gigi
Susu Baik Untuk Gigi
  • Daging dan Ikan

Daging termaksuk salah satu makanan yang dapat memperkuat gigi, karena daging kaya akan protein, fosfor zat besi, vitamin D dan kalsium, yang dapat berkolaborasi untuk membuat gigi lebih kuat dan sehat. Tidak hanya pada daging ternyata ikan juga memiliki kandungan vitamin D yang dapat menyerap kalsium yang berfungsi untuk penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Permen Karet

Permen karet  yang  dapat menyingkirkan beberapa bakteri di dalam mulut adalah permen karet yang tidak banyak mengandung gula, karena bakteri mengandalkan sukrosa unyuk menghasilkan plak, jadi permen karet yang mengandung rendah gula dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Untuk menyingkirkan beberapa bakteri kita dapat mengunyah permen karet yang rendah akan gula.

  • Yogurt

Yogurt pastinya memiliki lebih dari satu manfaat baik untuk kesehatan gigi anda. Yogurt dibuat dengan kalsium dan probiotik yang melindungi anda dari lubang, penyakit gusi dan bahkan bau mulut.

  • Air Putih

Air membantu membersihkan sisa makanan dan membantu air liur berada pada level tertinggi. Air liur sebenarnya adalah pelindung kerusakan gigi yang terbaik karena mengandung protein dan mineral yang secara alami melawan plak dan apabila anda banyak minum air maka anda akan memiliki suplai tak terbatas dari pelindung tersebut.

Ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang bagus untuk kesehatan gigi. Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :

Cari Tahu Cara Mengatasi Gigi yang Hipersensitif – Drg Avika Intan

Apa Sih Efek Buruk Merokok untuk Kesehatan Gigi dan Mulut? – Drg. Rebecca Octavina

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *