Inilah Manfaat dari Pasang Kawat Gigi untuk Kesehatan

Kawat gigi yang biasanya hanya dipakai untuk menunjang penampilan ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Fungsi utama kawat gigi atau yang biasa dikenal behel gigi ini adalah mengembalikan susunan gigi yang renggang menjadi rapat kembali. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang akan kamu dapat jika memakai kawat gigi.

Kawat gigi biasanya diperuntukkan hanya untuk mereka yang memiliki masalah gigi, seperti gigi bertumpuk, gigi gingsul, dan posisi gigi yang tidak sempurna. Tetapi ada juga yang memakai kawat gigi hanya untuk fashion semata.

Untuk menunjang biasanya mereka memakai kawat gigi supaya ketika senyum lebih percaya diri. Pakai kawat gigi tidaklah hanya asal pakai saja ada perawatan ekstra yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan hasil sempurna.

Untuk kamu yang memakai kawat gigi (behel) tidak cukup hanya membersihkan gigi dengan sikat gigi saja, karena itu tidaklah bisa membersihkan sela-sela kawat gigi. Lalu bagaimana merawat kawat gigi yang benar? Berikut ini adalah cara merawat kawat gigi atau behel yang benar.

Cara merawat kawat gigi yang benar

Inilah Manfaat dari Pasang Kawat Gigi untuk Kesehatan - FDC
Merawat Kawat Gigi

Jangan memakan makanan yang keras

Jangan pernah makan makanan yang bertekstur keras kaena ini akan bisa menyebabkan kawat gigi terlepas dan berujung pada luka di gusi.

Sikat gigi teratur

Sikat gigi secara teratur akan membuat gigi dan kawat gigi atau behel gigi bersih. Lakukan dengan cara perlahan agar tidak menimbulkan rasa nyeri pada gigi.

Gunakan benang gigi.

Benang gigi akan membersihkan sisa makanan yang masih tersisa di sela-sela gigi. Sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi akan terangkat jika menggunakan benang gigi.

Itulah cara merawat kawat gigi yang benar, dan pastinya bisa membersihkan dengan sempurna.

Setalah tau cara merawat kawat gigi, berikutnya adalah manfaat dari kawat gigi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kawat gigi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk cari tau apa aja manfaatnya!

Manfaat kawat gigi

Inilah-Manfaat-dari-Pasang-Kawat-Gigi-untuk-Kesehatan - FDC
Manfaat Kawat Gigi

1. Meningkatkan kesehatan gigi

Masalah gigi seperti gigi tidak rata, menumpuknya plak pada gigi, dan lain-lain akan bisa diatasi dengan pemasangan kawat gigi. Kawat gigi akan memperbaiki susunan gigi yang tidak rata, dan ini akan meningkatkan kesehatan gigi dengan pesat.

2. Membuat makan menjadi lebih nikmat

Kamu yang punya susunan gigi tidak rata pasti akan sulit untuk mengunyah makanan. Manfaat lain dari pemakaian kawat gigi adalah membuat kamu lebih nikmat lagi saat makan.

Gigi yang rata akan membuat proses mengunyah makanan menjadi lebih mudah, dan pastinya gak ada lagi makanan yang nyelip berkat susunan gigi yang rapi.

3. Senyum semakin percaya diri

Gigi yang memiliki susunan rapi pasti akan membuat kamu semkin percaya diri ketika tersenyum. Tidak lagi malu-malu saat menebar senyum kepada setiap orang.

4. Mempermudah membersihkan gigi

Pemasangan kawat gigi bermanfaat untuk merapikan posisi gigi. Setelah posisi gigi rapi, pasti membuat kamu lebih mudah dalam membersihkannya. Kamu tidak perlu lagi repot-repot membersihkannya sampai pegel jika gigi sudah rata.

Baca juga: Cara ampuh mengatasi anak takut ke dokter gigi

5. Mencegah penumpukkan plak

Plak akan mudah menempel pada gigi yang memiliki susunan tidak rata. Hal itu diakibatkan oleh tidak maksimalnya proses pembersihkan gigi yang kamu lakukan sehari-hari. Namun setelah pemakaian kawat gigi, itu semua akan berakhir. Kamu akan mudah membersihkan gigi, dan plak tak akan lagi bersarang di gigi kamu.

5. Memperbaiki bentuk tulang rahang

Tulang rahang akan terbentuk sempurna. Ini akan bisa mempengaruhi bentuk wajah kamu, dan juga pastinya gigi akan semakin sempurna bentuknya.

6. Mencegah gigi berlubang

Gigi Berlubang

Setelah gigi rapi, pembersihannya semakin mudah. Ini akan berdampak pada kesehatan dan kebersihan gigi yang akan dapat mencegah gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan karena kebersihan gigi yang tidak baik.

7. Menjaga kesehatan mulut

Gigi yang rapi akan meningkatkan kebersihan gigi pastinya, juga akan berdampak pada kesehatan mulut kamu. Berkat lebih mudahnya dalam membersihkan gigi, maka tidak ada lagi plak yang akan menempel pada gigi kamu, sehingga kesehatan gigi akan tetap terjaga.

8. Tren fashion

Yap! Tidak hanya untuk kesehatan saja, kawat gigi juga bisa menunjang penampilan kamu. Itu karena sudah banyak jenis-jenis behel atau kawat gigi yang memiliki banyak warna, juga ada yang transparan.

Kamu bisa memilihnya sesuka hati. Tapi ingat! Jangan asal dalam pemasangan behel karena hal itu sangat berbahaya. Carilah klinik gigi yang memang sudah ahli dalam pemasangan behel, salah satunya FDC Dental Clinic.

9. Mencegah Temporomandibular Disorder

Gejala pada penyakit ini adalah terasa sakit pada saat mengunyah dan saat menggerakkan mulut. Sakit ini disebabkan oleh malfungsi system otot, disk, ligament, dan tulang.

Kasus ini sering terjadi pada mereka yang memiliki susunan gigi tidak rapi. Risiko tersebut dapat dicegah dengan menggunakan kawat gigi.

Nah, itulah tadi manfaat dari pasang kawat gigi. Untuk kamu yang memiliki gigi tidak rapi dan masih takut untuk pasang kawat gigi, harus cari tau lagi apa manfaat dari pasang kawat gigi. Manfaat-manfaat di atas bisa kamu dapat setelah proses pakai behel selesai.

Lama pemakaian behel tergantung kondisi gigi kamu, apakah sudah benar-benar rapi atau masih ada gigi yang renggang atau tidak sesuai. Itu semua dokter lah yang memutuskan sudah waktunya atau belum untuk melepas kewat gigi.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers!

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *