Masalah Kesehatan Pada Gusi yang Sering Diabaikan

Masalah kesehatan pada gusi sangat penting untuk dideteksi sejak dini. Kesehatan gusi berhubungan langsung dengan kesehatan gigi kamu pastinya.

Gusi merupakan penyangga gigi kita, kalau gusi tidak kuat menyangga gigi maka hal yang akan terjadi adalah gigi bisa copot. Ada berbagai macam permasalahan gusi yang sering dialami oleh sebagian orang, mungkin kamu salah satunya.

Permasalahan yang sering terjadi pada gusi adalah gusi bengkak, banyak penyebab dari gusi bengkak. Penyebab gusi bengkak yaitu, kekurangan vitamin B dan C.

Vitamin C berperan untuk memproduksi kolagen yang ikut membentuk jaringan gusi. Sedangkan vitamin B berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah keseluruh tubuh termasuk ke gusi.

Baca juga: Veneer gigi untuk mempercantik tampilan gigi

Masalah Pada Gusi

Masalah-Kesehatan-Pada-Gusi-yang--Sering-Diabaikan
Masalah Gusi

Berikut masalah pada gusi yang sering diabaikan, jika hal ini terus diabaikan akan menyebabkan penyakit lain yang bisa lebih membahayakan lagi.

Bau mulut

Jika kamu sudah menyikat gigi namun masih bau mulut, bisa saja kamu terindikasi masalah pada gusi kamu. Penyakit gusi yang bisa dideteksi dengan bau mulut adalah gingivitis atau peradangan pada gusi.

Gingivitis ditandai tidak hanya dengan bau mulut saja, tetapi juga gusi berdarah dan membengkak.

Gusi menurun

Hal ini bisa terjadi apabila keadaan gusi sudah semakin parah. Gusi mulai menurun atau menyurut, dan tidak lagi kokoh untuk menopang gigi. Yang mengakibatkan ujung gigi terlihat, dan bisa menyebabkan gigi goyang yang bisa membuatnya lepas.

Masalah kepekaan

Masalah gusi yang sering dialami oleh sebagian orang adalah masalah kepekaan. Hal ini biasa terjadi ketika mengonsumsi makanan yang dingin atau panas, dan gusi terasa berdenyut-denyut.

Hal ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada gusi kamu. Gusi yang sehat akan dapat menyesuaikan suhu dengan sendirinya. Jika kamu mengalami hal tersebut kamu harus segera konsultasikan ke dokter.

Gigi yang berjarak

Permasalahan gusi akan mengakibatkan posisi gigi semakin berjarak, hal ini karena gusi sudah tidak lagi kuat menopang gigi. Jika hal ini terjadi pasti akan mengakibatkan kepercayaan diri kamu menurun.

Mencegah Penyakit Pada Gusi

Masalah-Kesehatan-Pada-Gusi-yang--Sering-Diabaikan
Sikat Gigi Rutin Untuk Mencegah Penyakit Gusi

Menjaga pola makan

Sebaiknya kamu membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi. Kamu juga harus menghindari minuman yang bersoda. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan rongga mulut termasuk gusi kamu.

Gunakan obat kumur

Obat kumur dapat mengangkatkan sisa-sisa makanan, kamu bisa menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Sisa makanan yang tidak terangkat akan menyebabkan timbulnya plak pada gigi, yang merupakan awal mula timbulnya karang gigi.

Berhenti merokok

Merokok dapat mempengaruhi tulang dan juga jaringan lunak pada gusi, hal ini menyebabkan perokok akan lebih rentan terhadap permasalahan gusi.

Merokok juga akan menyebabkan bau mulut serta meningkatkan produksi plak pada gigi. Plak pada gigi adalah awal mula terjadinya karang gigi yang bisa menyebabkan peradangan pada gusi.

Jangan tunggu sampai keadaan makin parah baru kamu melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *