Penting! Jangan Abaikan 5 Masalah Kesehatan Mulut Ini

Kesehatan mulut merupakan cerminan dari kesehatan tubuh lainnya. Kalau dari kesehatan mulut saja sudah diabaikan, pasti kesehatan tubuh lainnya juga akan terabaikan.

Walaupun bagi sebagian orang mengabaikan 5 masalah kesehatan mulut ini merupakan masalah sepele, namun kalau itu semua dibiarkan akan berakibat serius bagi kamu nantinya.

Sakit apapun bila tidak segera diobati maka akan semakin serius nantinya, segera periksa ke dokter apabila terjadi gejala – gejala yang tak biasa pada tubuh kamu.

Jangan pernah abaikan 5 masalah kesehatan mulut ini, jika kamu tak ingin menyesal nantinya. Berikut 5 masalah kesehatan gigi yang wajib kamu ketahui.

Perubahan Warna Gigi

Jangan Abaikan 5 Masalah Kesehatan Mulut Ini
Warna Gigi

Perubahan warna gigi merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang sering diabaikan oleh sebagian orang. Perubahan warna ini biasanya tanda adanya penyakit yang bersumber dari dalam gigi. Warna yang sering timbul adalah hitam, yang bisa menyebabkan pembusukan gigi.

Awal kemunculan gigi hitam adalah bitnik-bintik coklat kecil, bintik coklat kecil ni terdapat di bagian atas gigi.

Hal ini jika tidak dilakukan tindakan sedini mungkin akan menyebabkan gigi semakin parah nantinya, yang akan berujung pada pencabutan gigi karena gigi membusuk. Cegahlah gigi dari kehitaman dengan melakukan perawatan rutin ke dokter gigi.

Lidah Perih

Bagi kamu yang sering merasakan perih di lidah, penyakit pada lidah ini bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu keturunan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum-minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Lalu kalau penyebab lidah perih adalah alergi, kekurangan vitamin, dan zat besi.

Bukan itu saja produk yang kamu gunakan untuk membersihkan gigi juga mempunyai andil dalam masalah ini, pasta gigi dan obat kumur yang berbahan akan menyebabkan nyeri pada lidah.

Baca juga: Manfaat rutin periksa gigi 6 bulan sekali

Gusi Berdarah

Kasus ini banyak sekali ditemukan pada saat menggosok gigi, pasti ada darah yang ikut terbawa saat kumur-kumur. Kondisi gusi yang sehat bisa kamu lihat dari warnanya, warna gusi yang adalah pink/merah muda, halus, dan kokoh.

Jangan pernah anggap masalah gusi berdarah adalah hal biasa, jika ini dibiarkan akan menyebabkan peradangan pada gusi. Masalah gusi berdarah bisa timbul jika kamu menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat kasar, dan cara menggosok gigi yang salah.

Maka dari itu pilihlah sikat gigi dengan bulu halus dan jangan terlalu kasar saat menggosok gigi.

Bau Mulut

Jangan Abaikan 5 Masalah Kesehatan Mulut Ini
Bau Mulut

Bau mulut itu sangat menggangu orang lain yang berapa di sebelah kamu, penyebab bau mulut adalah kesehatan gigi yang tidak terjaga. Penyebab lain dari bau mulut adalah mulut kering, gangguan saluran pencernaan, dan pengaruh kondisi lain.

Tidak hanya bersumber dari masalah kesehatan, bau mulut bisa juga bersumber dari makanan yang kamu konsumsi. Untuk kamu yang suka makan jengkol ataupun pete harus lebih sering lagi menggosok gigi.

Bintik Putih pada Gigi Geraham

Bintik putih pada gigi geraham mengidikasikan adanya virus yang menyerang, hal tersebut bisa jadi awal terjadinya penyakit campak.

Itulah tadi masalah kesehatan mulut yang harus kamu perhatikan. walaupun masalah tersebut terlihat sangat sepele, tetapi jika dibiarkan akan berakibat fatal nantinya.

Kamu akan mengalami lebih banyak lagi masalah pada gigi akibat membiarkan penyakit tersebut sangat lama berada dalam tubuh kamu. “mencegah lebih baik dari pada mengobati” kata-kata itu wajib kamu ingat jika tidak ingin memiliki penyakit serius.

Nah, ada baiknya kamu juga menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers! 

Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekaliKlinik gigi, ya FDC. Klik disini untuk info lebih lanjut. Kepoin Instagramnya juga untuk info promo lainnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *