Inilah Bahaya Memasang Gigi Tiruan Bagi Usia Muda

Menggunakan gigi tiruan merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi gigi yang copot atau tanggal. Gigi tiruan tersebut nantinya akan dibuat semirip mungkin dengan gigi asli.

Pada umumnya gigi tiruan dibedakan menjadi dua, yaitu gigi tiruan permanen dan gigi tiruan lepasan.

Pemakaian gigi tiruan dilakukan untuk menutupi kekurangan pada gigi. Sebelum memutuskan untuk menggunakan gigi palsu, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Terlebih kepada anda yang tergolong masih usia muda. Berikut dampak dari penggunaan gigi tiruan untuk usia muda

1. Dapat menyebabkan iritasi

Pemakaian gigi palsu memiliki beberapa efek samping yang menyebabkan iritasi. Iritasi ini biasa disebabkan oleh penggunaan gigi tiruan yang tidak steril, sehingga menyebabkan bakteri menumpuk.

Baca juga : Gigi Palsu itu Natural atau Tidak Ya?

2. Dapat menghambat proses pengunyahan makanan

Gigi tiruan bisa menggantikan fungsi gigi asli, namun tetap saja yang namanya gigi palsu tidak akan bisa seperti aslinya. Oleh karena itu berdampak pada terhambatnya proses pengunyahan makanan. Ketika anda mengunyah dengan gigi palsu dan juga gigi asli akan terlihat sangat jelas perbedaannya.

Inilah Bahaya Memasang Gigi Tiruan Bagi Usia Muda

proses pengunyahan makanan

3. Menyebabkan rasa sakit

Gigi tiruan juga dapat menyebabkan rasa sakit pada gusi atau pada bagian mulut. Hal ini dapat terjadi kepada mereka yang masih berusia muda dan baru pertama kalinya menggunakan gigi palsu

4. Terjadi infeksi dan pembengkakan

Bila gigi palsu digunakan pada usia terlalu muda, maka kemungkinan terjadinya pembengkakan dan juga infeksi pada gusi akan semakin besar. Hal ini dikarenakan adanya bakteri atau kuman yang menempel pada gigi palsu yang tidak rajin dibersihkan. Sehingga akan mengakibatkan gusi menjadi bengkak dan terjadi pendarahan disekitar gigi atau mulut.

5. Mudah terlepas

Dikarenakan pada usia muda, proses pengunyahan makanan masih sangat sering terjadi dibandingkan dengan mereka yang sudah berusia dewasa atau tua. Maka dari itu, potensi terjadinya gigi tiruan yang terlepas akan semakin besar.

Baca juga : Inilah Pantangan Saat Memakai Gigi palsu

Bila anda masih tergolong usia muda dan ingin memasang gigi palsu, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter secara langsung di klinik agar permasalahan gigi anda dapat diatasi.

Nah ada baiknya anda menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *