Mengenal Cara Sederhana Untuk Membasmi Karang Gigi

Membasmi Karang Gigi – Karang gigi atau yang sering disebut kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi disebabkan oleh sisa makanan yang lama menempel pada gigi namun tidak segera dibersihkan.

Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket.

Hal ini akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti peradang gusi (gingivitis).

Tidak hanya mengancam kesehatan rongga mulut kamu, karang gigi akan membuat kamu tidak percaya diri atau pede saat berada di tempat umum.

Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning.

Akan menjadi masalah serius jika saat berbicara dengan orang lain kamu harus menutup mulut kamu atau membuat orang lain merasa tidak nyaman karena bau mulut kamu.

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Mengenal Cara Sederhana Untuk Membasmi Karang Gigi

Scaling

Cara yang pertama yakni dengan cara melakukan scalingProsedur menghilangkan karang gigi ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat yang dinamai ultrasonic scaler.

Alat ini nantinya bekerja untuk membersihkan karang gigi, bahkan karang gigi yang sudah keras sekalipun akan sangat mudah terangkat. Pembersihannya pun sangat detail hingga ke bagian-bagian gusi gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Cara menghilangkan karang gigi lewat prosedur scaling biasanya dilakukan enam bulan sekali.

Agar gigi kamu senantiasa terhindar dari karang gigi, alangkah baiknya setiap enam bulan sekali melakukan kontrol ke dokter gigi untuk melihat kondisi gigi, apakah telah terjadi penumpukan plak atau tidak.

Flossing

Flossing adalah cara menghilangkan karang gigi dengan menggunakan benang (bukan sembarangan benang, lho).

Benang khusus ini akan membuat proses pembersihan karang menjadi lebih mudah karena dapat menjangkau area-area yang tidak bisa dicapai dengan menggunakan gosok gigi.

Jus Lemon

Menggunakan jus lemon juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Hal ini karena asam pada jeruk lemon mampu menghancurkan plak, pun memutihkan gigi.

Celupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon. Setelah itu, sikat gigi secara perlahan dan biarkan selama kurang lebih 1 menit sebelum dibilas.

Membasmi karang gigi menggunakan jeruk lemon harus berhati-hati. Kandungan asamnya yang sangat kuat bisa menimbulkan erosi pada gigi jika digunakan secara berlebihan.

Rajin menggosok gigi

kamu pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, kamu juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi kamu telah tersikat dengan rata.

Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Agar gigi kamu bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang.

Tidak hanya fluoride, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan.

Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Baca juga: Penyebab timbulnya sariawan

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi sejak dini ya FDCiers. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi kamu paling tidak setiap 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC.

Jangan pernah takut untuk periksa ke dokter gigi, karena kesehatan gigi itu penting.

Di FDC Dental Clinic kamu akan dimanjakan loh saat perawatannya. Gak percaya?? Langsung aja datang ke FDC Dental Clinic terdekat dari rumah FDCiers. Lagi banyak promo juga loh FDCiers, klik disini untuk lihat promonya

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *