Mengapa Gigi Yang Tanggal Perlu Digantikan Oleh Gigi Palsu? – Drg. Erlin

Tanggalnya gigi yang berdampak pada keompongan memang akan sangat mengganggu aktivitas yang melibatkan mulut. Hal ini umumnya disebabkan oleh faktor usia. Namun, faktor lain juga dapat menyebabkan tanggalnya gigi, seperti kecelakaan yang menyebabkan benturan keras pada gigi dan sebagian orang harus menggunakan gigi palsu.
Untuk mengembalikan fungsi gigi yang hilang perlu digantikan dengan gigi tiruan. FDC Dental Clinic

Biasanya, masalah gigi copot lebih sering terjadi pada kaum pria dibanding wanita, dan kondisi ini terjadi pada usia 35 tahun ke atas. Kondisi ini juga berkaitan dengan kebiasaan merokok, kebersihan gigi yang buruk, dan riwayat penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca juga : Mau Pakai Gigi Palsu? Snap-On Smile Bisa Jadi Pilihanmu! – Drg. Farida

Tanggalnya gigi akan mengganggu dua fungsi gigi, yaitu fungsi mengunyah dan estetika. Ketika gigi hilang di satu sisi, umumnya orang otomatis akan mengunyah dengan sisi lainnya, dan hal tersebut dapat mengganggu kerja dari sendi. Kerja otot di satu sisi jadi terlalu berat dan kemudian dapat menyebabkan pegal-pegal. Akibatnya mengunyah pun jadi kurang nyaman. Selain fungsi pengunyahan, fungsi estetika dari gigi juga akan terganggu. Karena jika ada gigi yang hilang, susunan dan bentuk mulut akan berubah. Pengucapan juga akan terganggu, terutama jika melibatkan huruf berdesis, seperti “F”, “S”, dan “V”. Bau mulut juga akan timbul jika keompongan terjadi.

Baca juga : Alasan Pentingnya Memakai Gigi Palsu – Drg. Cindy Lestari

Selain itu, tanggalnya gigi juga dapat menyebabkan pergeseran gigi-gigi di sebelahnya yang kemudian membuat gigi menjadi renggang. Hal ini tentunya akan mengganggu estetik. Maka dari itu untuk mengembalikan fungsi tersebut, gigi yang hilang perlu digantikan dengan gigi tiruan. Gigi tiruan berguna untuk menghindari pergeseran lebih lanjut dari gigi asli yang masih ada serta mendukung bentuk wajah. Selain itu juga mampu memberikan bentuk asli dari pipi dan mulut, mengembalikan senyum seseorang dan memberikan penampilan yang lebih muda.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental ClinicKlinik gigi, ya FDC ^_^


Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *