11 Cara Alami untuk Mengatasi Gigi Kuning

Gigi kuning ternyata dapat mengganggu penampilan, ditambah banyak orang yang tidak pede dengan warna giginya yang kuning.

Walaupun memang warna gigi normal pada dasarnya kekuningan, namun warna kuning tersebut bisa diperparah karena berbagai macam faktor. Nah, kira-kira faktor apa saja yang menyebabkan gigi kuning ya?

11 Cara Alami untuk Mengatasi Gigi Kuning
Cara Memutihkan Gigi

Nah cara memutihkan gigi secara garis besar dapat dibagi menjadi 2 yaitu secara alami dan dibantu dengan bahan pemutih gigi. Nah apa sajakah bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk memutihkan gigi?

Baca Juga : Apa Aja Sih Proses Bleaching Untuk Memutihkan Gigi? – Drg. Asta

1. Strowberi

Kandungan asam malat dalam strowberi berkhasiat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih. Strowberi merupakan cara murah untuk mencerahkan senyum Anda. Namun, jangan gunakan terlalu sering, karena kandungan asam dapat merusak enamel gigi.

2. Jeruk lemon

Lemon memang sering digunakan dalam berbagai perawatan kecantikan, seperti untuk mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan jerawat dan bekasnya hingga bisa untuk memutihkan gigi. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi secara alami.

3. Jeruk nipis

Tidak jauh berbeda dengan jeruk lemon, jeruk nipis juga bisa dijadikan pemutih gigi alami karena dapat membersihkan bakteri di dalam mulut.

4. Kunyit

Kunyit memang kerap digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena rempah ini memang bisa memutihkan gigi ataupun memutihkan kulit. Kunyit memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda di gigi. Hal ini juga akan membuat gigi dan gusi Anda bebas dari mikroba berbahaya.

5. Baking Soda

Sodium bikarbonat atau yang lebih dikenal dengan nama baking soda, adalah salah satu bahan yang bisa ditemukan di hampir setiap dapur. Baking soda memiliki sedikit sifat abrasif yang dapat membersihkan noda pada permukaan gigi.

11 Cara Alami untuk Mengatasi Gigi Kuning
Gigi Putih Bersih

Sedangkan sifat basanya bisa membantu mengurangi keasaman di dalam rongga mulut. Sementara itu buah lemon yang bersifat asam akan membantu menghilangkan perubahan warna pada gigi sekaligus menjadi antiseptik alami.

6. Wortel

Mengunyah sayuran berwarna orange ini dalam bentuk mentah dapat meningkatkan jumlah air liur di mulut Anda yang merupakan penghilang noda alami tubuh. Selain itu kandungan vitamin A pada wortel tidak hanya baik untuk penglihatan, tapi juga dapat membantu memperkuat enamel gigi.

Baca Juga : Beginilah Proses Memutihkan Gigi Dengan Bleaching

7. Brokoli

Sayuran yang bisa menjadi cara memutihkan gigi secara alami selanjutnya adalah brokoli. Makan brokoli mentah dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi. Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan besi pada brokoli yang berfungsi sebagai pelindung enamel gigi.

8. Seledri

Siapa sangka sayur seledri juga menjadi salah satu makanan untuk memutihkan gigi secara alami. Mengunyah seledri bisa membantu membersihkan gigi Anda karena kandungan serat selulosanya. Sementara kandungan airnya yang tinggi akan merangsang produksi air liur sebagai pembersih alami rongga mulut Anda.

9. Apel

Siapa yang tidak kenal dengan buah apel, buah sehat ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apel ternyata mengandung kadar asam malat yang tinggi.

Sehingga aktivitas menggigit dan mengunyah buah apel dapat membantu mengurangi noda gigi dan bakteri pada mulut Anda. Jadi, apel sangat cocok dikonsumsi setiap hari karena dapat menjaga warna gigi Anda sekaligus menunjang kesehatan tubuh Anda.

10. Keju.

Satu lagi makanan yang bermanfaat untuk gigi yaitu keju. Makan keju setelah makan besar sangat baik untuk gigi. Keju dan produk lain seperti yoghurt dan susu mengandung kalsium yang dapat memutihkan dan memperkuat gigi.

11. Siwak

Sebagai alternatif alami untuk membersihkan dan memutihkan gigi, siwak ternyata berada di tempat teratas. Kayu siwak (Salvadorapersica) telah digunakan selama berabad-abad sebagai sikat gigi karena mengandung fluoride dan anti bakteri alami.  

Siwak bahkan terbukti dalam beberapa penelitian lebih efektif mencegah plak dan radang gusi dibandingkan pasta gigi.

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Baca Juga :

Cari Tahu Cara Mengatasi Gigi yang Hipersensitif – Drg Avika Intan

Apa Sih Efek Buruk Merokok untuk Kesehatan Gigi dan Mulut? – Drg. Rebecca Octavina

Referensi:

  • Dental bleaching. Available at: http://www.doctorspiller. com/bleaching.htm. Accessed January 19, 2005. 6.
  • O’Brien WJ. Dental materials and their selection. 3rd ed. Chicago: Quintessence Publ Co; 2002. p. 162–3. 7.
  • Bleaching. Oral health-dentistry. ViaHealth Disease and Wellness Information. Available at: www:/viahealthplan/ index.htm. Accessed December 13, 2004
  • Joiner A. The bleaching of teeth: a review of the literature. J Dent. 2006;34:412-9.
  • Margaretha J, Rianti D, Meizarini A. Perubahanwarna email gigisetelahaplikasi pasta buahstroberidan gel karbamidperoksida 10%. Material Dent. 2009;1:16-20.
  • Meizarini A, Rianti D. Bahanpemutihgigidengansertikat ADA/ISO. MajalahKedokteran Gigi (Dent) 2005;38;2:73-6. Indonesian.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *