Gigi Kamu Sering Terasa Ngilu? Yuk Atasi dengan Cara Ini !!

Apakah gigi Anda merasa ngilu setelah meminum minuman dingin? Atau merasa ngilu saat asyik-asyiknya menikmati ice cream kesukaan Anda?

Jika iya, kemungkinan besar ada mengalami gigi sensitif.  Kira-kira apa ya gigi sensitif itu  atau gigi ngilu dan bagaimana mana cara mengatasinya?

Sebenarnya apa itu gigi sensitif? Gigi sensitif merupakan istilah umum yang dipakai untuk menunjukkan adanya hipersensitif dentin, yaitu terbukanya dentin akibat menipisnya lapisan email.

Dentim

Dentin adalah lapisan gigi yang  terletak di bawah email gigi. Hipersensitif dentin memang ditandai oleh rasa nyeri yang tajam dan singkat yang terjadi karena ada lapisan dentin di gigi yang terbuka.

Penderita gigi sensitif akan mengalami rasa sakit yang berlangsung pendek dan tajam yang terjadi secara tiba-tiba akibat adanya rangsangan terhadap dentin yang terpapar.

Rangsangan tersebut antara lain taktil atau sentuhan, uap, kimiawi dan rangsangan panas atau dingin.

Gigi Kamu Sering Terasa Ngilu? Yuk Atasi dengan Cara Ini !!
Gigi Sering Terasa Ngilu Saat Mengonsumsi Makan Dingin

Gigi dengan hipersensitif dentin ini merupakan masalah gigi yang tidak bisa dianggap remeh karena dapat mengganggu aktivias sehari-hari sehingga harus kita atasi sedini mungkin, Untuk mengatasi rasa ngilu ini, tentunya kita perlu mengetahui dengan pasti apa penyebabnya.

Nah berikut ini beberapa faktor penyebab gigi sensitif, diantaranya adalah :

  • Menggosok gigi dengan tekanan berlebihan.
  • Penggunaan bulu sikat gigi yang terlalu keras.
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu ekstrem.
  • Sering mengonsumsi makanan yang terlalu asam atau manis.
  • Penggunaan obat kumur atau pasta gigi dengan pemutih yang berlebihan
  • Sering mengunyah makanan yang terlalu keras.
  • Adanya gigi berlubang.
  • Adanya penyakit pada gusi, gusi berdarah atau gusi bengkak.
  • Makanan yang terjebak disela-sela gigi.
  • Terdapat gigi yang patah
  • Adanya kerusakan gigi akibat kebiasaan buruk seperti bruxism (kebiasaan mengkerut-kerutkan gigi saat tidur)
  • Asam lambung yang naik karena sering muntah seperti pada pengidap bulimia
  • Proses penuaan.

Baca Juga: Cari Tahu Apa itu Diasetama Sentral pada Gigi – Drg. Deby Febrina

Walaupun rasa sakit yang timbul hanya dalam jangka waktu singkat, namun dapat membuat kegiatan makan kita menjadi tidak nyaman dan akhirnya mempengaruhi kesehatan rongga mulut jika tidak dirawat.

Rasa sakit yang terjadi pada hipersensitif dentin akan mempengaruhi kenyamanan dan fungsi rongga mulut dan bila tidak dirawat maka akan menimbulkan defisiensi nutrisi pada penderita.

Diagnosis hipersensitif dentin

Diagnosis hipersensitif dentin bisa dengan tes kumur air dingin, pemeriksaan gigi, atau dengan tes perkusi, yaitu mengetuk gigi yang sensitif tersebut.

Sebenarnya, hipersensitif dentin bisa dicegah. Pencegahan bisa dilakukan dengan menyikat gigi dengan pasta yang mengandung pottasium nitrat kurang-lebih 2 miligram.

Anda juga perlu memperbaiki teknik menyikat gigi. Gunakan metode modifikasi bass saat menyikat gigi agar lebih akurat dalam menghilangkan plak gigi tanpa merusak gusi dan gigi.

Pegang ujung sikat sehingga bulu sikat terletak 45 derajat dari gigi geligi, kemudian sikat dengan gerakan memutar, sehingga bulu sikat masuk ke antara gigi geligi.

Perawatan gigi hipersensitif bertujuan untuk mengurangi pergerakan cairan dalam tubuli dentin yang menimbulkan rasa tarikan atau nyeri di ujung saraf menghambat respons ujung-ujung saraf.

Atau kombinasi antara keduanya. Namun, jika sudah terjadi, bagaimana cara mengatasinya?

Gigi Kamu Sering Terasa Ngilu? Yuk Atasi dengan Cara Ini !!
Teknik Menyikat Gigi Yang Benar Untuk Menghilangkan Plak Pada Gigi

Berikut cara untuk mengatasi gigi sensitif:

  1. Jika gigi ngilu disebabkan karena adanya kerusakan padagigi seperti terdapat lubang pada gigi atau gigi patah, maka cara mengatasi satu-satunya adalah dengan melakukan perawatan gigi di dokter gigi. Membiarkannya tanpa perawatan dapat menyebabkan kerusakan lebih parah. Bahkan biaya perawatannya pun akan semakin kompleks dan mahal.
  2. Jika gigi ngilu terjadi karena makanan yang terjebak disela-sela gigi, maka disarankan untuk rutin melakukan pengecekan ke dokter gigi walaupun tidak ada keluhan. Selain itu, lakukan juga pembersihan plak dan karang gigi harus dibiasakan rutin setiap enam bulan sekali.
  3. Jika gigi ngilu akibat gigi terkikis disebabkan karena kebiasaan menggeretakkan gigi saat tidur, maka dibutuhkan alat pelindung gigi. Anda bisa menggunakan night guard dan menerapkan manajemen stres untuk menenangkan pikiran.
  4. Jika gigi ngilu terjadi karena pengikisan lapisan email, maka cara mengatasinya dengan mengganti sikat gigi dengan bulu yang lembut dan dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif , serta dengan melakukan perawatan penambalan gigi ke dokter gigi.
Gigi Kamu Sering Terasa Ngilu? Yuk Atasi dengan Cara Ini !!
Rutin Menjaga Kesehatan Gigi

Nah ada baiknya kamu menjaga kesehatan gigi kamu sejak dini ya FDCiers. Jangan lupa untuk memeriksakan gigi kamu paling tidak 6 bulan sekali di FDC Dental Clinic. Klinik gigi, ya FDC.

Informasi Konsultasi & Reservasi :
☎ 021-8660 1509 (08.00 – 17.00)
.
WhatsApp :

Baca Juga: Hari Gini Masih Bau Mulut? Yuk Cari Tahu Penyebabnya !! – Drg. Artesya Meidiyana

Sumber Referensi :

  • Salfiyadi, Teuku., dan Rohani. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Gigi Sensitif pada Masyarakat Desa Gla Meunasah Baro Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar. http://nasuwakesaceh.ac.id/
  • Ray, Ngurah., Usman, Zuraida. 2017. Gambaran Pengetahuan Pasien Mengenai Gigi Sensitif Di Puskesmas Baitussalam Aceh Besar. jim.unsyiah.ac.id/
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3140300/gigi-ngilu-terus-ini-solusinya

Posted

in

,

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *